Akademi Farmasi Bhumi Husada Adakan Aksi Donor Darah di Ciracas

- Penulis Berita

Senin, 8 Januari 2024 - 11:55 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Akademi Farmasi Bhumi Husada Jakarta saat melaksanakan acara donor darah bersama masyarakat Ciracas Jakarta Timur, senin (8/1). Ft dok. Yoga

Akademi Farmasi Bhumi Husada Jakarta saat melaksanakan acara donor darah bersama masyarakat Ciracas Jakarta Timur, senin (8/1). Ft dok. Yoga

BandungPunyaBerita.Com, Jakarta – Darah adalah komponen esensial dalam tubuh yang mengambil udara dari paru-paru lalu menyebarkannya keseluruh sel di dalam tubuh. Darah juga yang bertugas membuang karbondioksida dari sel dan mengangkutnya ke paru-paru untuk dikeluarkan oleh tubuh.

Darah juga yang mengangkut nutrisi yang telah dicerna melalui pembuluh kapiler di usus halus. Selain itu darah juga membantu mengedarkan hormon yang dihasilkan oleh berbagai kelenjar di sistim endokrin menuju ke sel yang menjadi target hormon tersebut.

Begitu pentingnya tugas darah dalam tubuh manusia, sehingga kebutuhan akan tersedianya darah bagi masyarakat yang membutuhkan menjadi suatu keharusan, karena persediaan darah ini dapat menyelamatkan nyawa bagi orang yang membutuhkan.

Hal itu disampaikan Pembantu Direktur Bidang Kemahasiswaan Akademi Farmasi Bhumi Husada Jakarta, Elly Safitri, M.Psi, Psikolog dalam keterangannya, Senin (8/1)

“Beberapa waktu lalu, Akademi Farmasi Bhumi Husada Jakarta melaksanakan acara donor darah dengan melibatkan masyarakat Ciracas Jakarta Timur,” kata Elly Safitri.

Kegiatan ini, jelasnya, sebagai hasil kolaborasi antara Akademi Farmasi Bhumi Husada Jakarta, PMI Jakarta Timur, LRT City Ciracas dan Jakarta Peduli dengan mengambi tempat di Social Hub LRT Ciracas yang memang menjadi pusat bagi setiap kegiatan acara yang dilakukan oleh LRT City Ciracas.

Dikatakannya, antusiasme masyarakat cukup tinggi, sejak pagi hari, mereka berbondong-bondong mendaftarkan diri sebagai wujud partispasi mereka. Sementara, PMI yang bertugas sebanyak enam orang personnel, termasuk didalamnya dokter yang bertanggung jawab dalam acara tersebut. Mereka berasal dari PMI cabang Jakarta Timur.

“Masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya masih terus berdatangan meskipun sudah melewati jadwal yang ditentukan, sehingga calon pendonor ada yang ditolak oleh tim PMI karena darah harus segera masuk freezer agar tetap terjaga kesegarannya,” kata Elly.

Diungkapkannya, total ada 64 orang pendonor, di mana 18 orang diantaranya harus ditolak karena tidak memenuhi persyaratan kadar hemoglobin dan tekanan darahnya, sehingga pada hari tersebut total diperoleh 46 kantong darah.

“Semoga kegiatan kemanusiaan ini dapat terus berlanjut dimasa mendatang, karena darah yang telah didonorkan dapat menyelamatkan nyawa yang sedang membutuhkan transfusi darah,” pungkasnya. (Yoga).

Berita Terkait

Tensi Politik Memanas: Ribuan Massa Kepung Kantor Pemkab Sampang
Johanes Gluba Gebse Kandidat Dengan Elektabilitas Terunggul Sebagai Calon Gubernur Papua
Tim Pemanjat Putri TRAMP Luncurkan Ekspedisi Pemanjatan Tebing Parang TRAMP
Dana Dimakan Marketing BCA Multifinance, Rekening Nasabah di Debit Bayar Cicilan
Hakim MK Guntur Hamzah Kembali Akan Dilaporkan Terkait Dugaan Penyalahgunaan Fasilitas Negara
SIARAN PERS DK PWI PUSAT. Wahai Hendry Ch Bangun Yang Terhormat Tinggalkan Segera Cawe Cawe Itu !!!! Patuhilah Rekomendasi Dewan Kehormatan PWI Pusat
Jelang Pilkada 2024 Dukungan Terus Mengalir Kepada Calon Bupati Sampang H. Slamet Junaidi
Perjalanan Anak Petani dari Kepala Kamar Mesin ke Kursi Bakal Calon Bupati Lembata
Berita ini 1 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 28 Mei 2024 - 03:07 WIB

Plh Sekda Kota Bandung Hikmat Ginanjar Sebut Para ASN Harus Promosikan Wisata Kota Bandung

Selasa, 28 Mei 2024 - 01:55 WIB

Buntut Kecelakaan Truk di Cimahi Akibatkan 1 Meninggal dan Sejumlah Luka-Luka, Bey Machmudin: “Saya Akan Panggil Kadis Perhubungan” !

Selasa, 28 Mei 2024 - 01:45 WIB

Pemilihan Gubernur Jabar 2024 Resmi Diluncurkan Pj Gubernur Bey Machmudin

Selasa, 28 Mei 2024 - 01:33 WIB

Dinilai Berhasil dalam Penerapan SPBE Kota Terbaik, Pemkot Bandung Peroleh Penghargaan dari KemenPAN-RB

Senin, 27 Mei 2024 - 00:46 WIB

Danpusdikbekang Taekwondo Championship 2024 Jaring Atlit Berbakat Punya Mental Juara

Senin, 27 Mei 2024 - 00:34 WIB

Mendalami Makna Nilai Insyaallah sebagai Upaya Menggapai Puncak Kesadaran Tauhid

Sabtu, 25 Mei 2024 - 14:58 WIB

Kawasan Wisata Yang Satu Ini Mirip Seperti di Soul Korea Selatan

Jumat, 24 Mei 2024 - 13:57 WIB

“Event Cycling De Jabar” Berpotensi Tingkatkan Pendapatan Daerah Dari Sektor Pariwisata Olah Raga Bersepeda

Berita Terbaru