Antisipasi Karhutla dan Gukamhut, Perhutani KPH Bandung Utara Gelar Patroli Bersama Forkopimcam

- Penulis Berita

Senin, 4 September 2023 - 23:34 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Foto bersama (KPH) Bandung Utara bersama Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Kabupaten Bandung Barat saat melaksanakan sosialisasi pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di kawasan hutan Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Cikalong petak 12, Ft dok, Humas Perhutani.

Foto bersama (KPH) Bandung Utara bersama Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Kabupaten Bandung Barat saat melaksanakan sosialisasi pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di kawasan hutan Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Cikalong petak 12, Ft dok, Humas Perhutani.

BANDUNGPUBER. COM, BANDUNG UTARA – Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bandung Utara bersama Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Kabupaten Bandung Barat melaksanakan sosialisasi pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di kawasan hutan Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Cikalong petak 12 Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Padalarang, pada hari Kamis (31/08).

Selain melakukan kegiatan sosialisasi terkait kebakaran juga dilakukan kegiatan pemasangan spanduk himbauan, pemberian arahan terkait bahaya kebakaran kepada masyarakat sekitar hutan, dan dilanjutkan dengan patroli bersama.

Kepala Sub Seksi Hukum dan Komunikasi Perusahaan Endan Cahyadi.

Hadir dalam kegiatan tersebut Administratur KPH Bandung Utara diwakilkan oleh Kepala Sub Seksi Hukum dan Komunikasi Perusahaan Endan Cahyadi, Kepala RPH Cikalong Holis, Bintara Pembina Desa ( Babinmas) Cikalong Bripka Arif beserta jajaran, Kepala Desa Madalamukti Iki, dan masyarakat sekitar hutan.

Administratur KPH Bandung Utara melalui Endan Cahyadi menyampaikan bahwa kegiatan patroli dan sosialisasi ini penting dilakukan agar para wisatawan dan para pendaki bisa lebih waspada terhadap potensi kebakaran yang disebabkan oleh api unggun ataupun puntung rokok dari pengunjung yang sembarangan membuangnya.

“Kegiatan ini bertujuan meminimalisir dan mengantisipasi persoalan yang mungkin terjadi terkait pelanggaran melawan hukum khususnya Gangguan Keamanan Hutan (Gukamhut) sekaligus sebagai pencegahan karhutla. Sehingga kelestarian hutan kedepannya tetap terjaga dengan baik,” jelasnya

Saat kegiatan tersebut patroli, Arif menyampaikan bahwa patroli diadakan sebagai wujud nyata sinergitas antara Perum Perhutani, Kepolisian Republik Indonesia (Polri),  Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan masyarakat dalam upaya mencegah gukamhut dan karhutla.

“Kami siap membantu pengamanan dan penanganan apabila terjadi gukamhut dan Karhutla pada kawasan hutan Perum Perhutani KPH Bandung Utara,” tuturnya.

(Kom-PHT/Bdu/Dan)

Berita Terkait

Bey Machmudin Dampingi Menteri Luhut Binsar Panjaitan Luncurkan Buku Citarum Harum di Nusa Dua Bali
Rapat Paripurna DPRD Jabar Bahas Rekomendasi dan LKPJ Gubernur Jabar Tahun Anggaran 2023
Apartemen Gardenia Bogor Dinyatakan Pailit Oleh Pengadilan Niaga Jakarta Pusat
Anggota Komisi V DPRD Jabar Hj. Siti Muntamah Menerima Kunjungan Sekolah SMPN 7 Membahas Terkait Karakter yang Wajib Dimiliki Pemimpin
Turun Langsung ke TKP Kecelakaan Bus Pariwisata di Subang, Kakorlantas: Pemeriksaan Awal Tak Temukan Jejak Rem di Lokasi
Ketua Pansus II Hj. Siti Muntamah Berharap Para Disabilitas Memperoleh Kesetaraan Hak Yang Sama
Hj. Siti Muntamah Peroleh Penghargaan PKS Jabar Award 2024, Sebagai Caleg Perempuan Dengan Perolehan Suara Terbanyak
Anggota DPRD Jabar Rita Puspita Melaksanakan Penyebarluasan Perda Tentang Penyelenggaraan Ekonomi Kreatif
Berita ini 6 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 25 Mei 2024 - 14:58 WIB

Kawasan Wisata Yang Satu Ini Mirip Seperti di Soul Korea Selatan

Jumat, 24 Mei 2024 - 13:57 WIB

“Event Cycling De Jabar” Berpotensi Tingkatkan Pendapatan Daerah Dari Sektor Pariwisata Olah Raga Bersepeda

Jumat, 24 Mei 2024 - 10:42 WIB

“Forest Walk” Destinasi Wisata Alam di Pusat Kota Bandung Yang Wajib dikunjungi

Kamis, 23 Mei 2024 - 13:25 WIB

Jawa Barat Provinsi Dengan Perokok Terbanyak Ke-3 di Indonesia

Kamis, 23 Mei 2024 - 13:04 WIB

DPRD Jabar Lakukan Penandatanganan Record of Discussion atau RoD dengan DPRD Provinsi Chungcheongnam-do Korea Selatan

Kamis, 23 Mei 2024 - 12:54 WIB

Komisi I DPRD Jabar dan Komisi II Kabupaten Solok Lakukan Konsultasi Terkait Penanganan Konflik Sosial Jelang Pilkada 2024

Rabu, 22 Mei 2024 - 04:02 WIB

Sat Pol PP Kota Bandung Sita 276 Botol Minuman Beralkohol dan 278 Butir Obat Daftar G Tanpa Izin

Selasa, 21 Mei 2024 - 13:01 WIB

KPK RI Apresiasi Pemkot Bandung dan Menjadikan Bandung Sebagai Contoh dalam Menanamkan Nilai- Nilai Integritas di Indonesia

Berita Terbaru