Cimaung Kini Miliki Tempat Panti Rehabilitasi Pecandu Narkoba

- Penulis Berita

Rabu, 6 Juli 2022 - 01:58 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menggunting pita peresmian Balai Rehabilitasi Napza Adhyaksa di Cimaung, Kabupaten Bandung, ft humas Jabar

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menggunting pita peresmian Balai Rehabilitasi Napza Adhyaksa di Cimaung, Kabupaten Bandung, ft humas Jabar

BandungPuber. com —  Balai Rehabilitasi Napza (Narkotika, Alkohol, Psikotropika, dan Zat Adiktif Lainnya) Adhyaksa. yang berlokasi di Jalan Gunung Puntang, Desa Cimaung, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung.
Panti Rehabilitasi Narkoba ini diresmikan oleh Menteri kordinator Hukum dan Keamanan Mahfud MD, bersama  Kepala Kejaksaan Tinggi Negeri Jawa Barat Asep N. Mulyana, Jaksa Agung RI Burhanuddin serta Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Bupati Kabupaten Bandung Dadang Supriatna.

Balai Rehabilitasi Napza Adhyaksa diharapkan mampu menjadi langkah penyelesaian alternatif bagi para pecandu narkoba agar dapat terbebas sepenuhnya dari benda haram tersebut.

Menurut Gubernur Jabar Ridwan Kamil, kehadiran balai rehabilitasi tersebut sebagai bentuk implementasi dari konsep keadilan restorasi atau restorative justice. “Ini yang kami tunggu, sebuah logika hukum, yaitu restorative justice dalam penyelesaian perkara tanpa menghilangkan aspek hukum,” katanya.

Menkopolhukam menyampaikan bahwa Kejaksaan RI telah melakukan langkah strategs mendorong penerapan keadilan restoratf pada tindak pidana narkotika dengan menerbitkan Pedoman Jaksa Agung Nomor 18 Tahun 2021 Tentang Penyelesaian Penanganan Perkara Tindak Pidana Narkotika Melalui Rehabilitasi Dengan Pendekatan Keadilan Restoratif Sebagai Pelaksanaan Asas Dominus Litis.
Terdapat 10 (sepuluh) Balai Rehabilitasi Adhyaksa yang diresmikan secara serentak pada wilayah hukum Kejaksaan Tinggi Aceh, Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau, Kejaksaan Tinggi Bangka Belitung, Kejaksaan Tinggi Banten, Kejaksaan Tinggi Jawa Barat, Kejaksaan Tinggi D.I. Yogyakarta, Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat, Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah, Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tengah, dan Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan.
Overcapacity pada lembaga masyarakat serta sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat merupakan latarbelakang Kejaksaan Agung RI membentuk balar rehabiltasi Adhyaksa.
“Balai Adhyaksa sebagai sarana rehabilitasi bagi penyalahguna dan pecandu narkoba hari ini telah saya resmikan serentak 10 balai di tingkat provinsi,” kata Mahfud.
Dalam keterangannya, Bupati Bandung Dadang Supriatna mengatakan. Balai Rehabilitasi Napza Adhyaksa yang dibangun di Kabupaten Bandung ini. Sebagai salah satu bagian dari upaya besar pemerintah menyelamatkan masa depan generasi muda Indonesia. “Maka dari itu, saya mengajak kepada semua elemen masyarakat di Kabupaten Bandung bersinergi untuk stop penggunaan dan penyalahgunaan narkoba. Mari kita lakukan perang besar, upaya besar untuk melawan kejahatan narkoba,” pungkas Dadang.
Editor: Beny

 

 

 

 

 

Berita Terkait

Bey Machmudin Dampingi Menteri Luhut Binsar Panjaitan Luncurkan Buku Citarum Harum di Nusa Dua Bali
Rapat Paripurna DPRD Jabar Bahas Rekomendasi dan LKPJ Gubernur Jabar Tahun Anggaran 2023
Apartemen Gardenia Bogor Dinyatakan Pailit Oleh Pengadilan Niaga Jakarta Pusat
Anggota Komisi V DPRD Jabar Hj. Siti Muntamah Menerima Kunjungan Sekolah SMPN 7 Membahas Terkait Karakter yang Wajib Dimiliki Pemimpin
Turun Langsung ke TKP Kecelakaan Bus Pariwisata di Subang, Kakorlantas: Pemeriksaan Awal Tak Temukan Jejak Rem di Lokasi
Ketua Pansus II Hj. Siti Muntamah Berharap Para Disabilitas Memperoleh Kesetaraan Hak Yang Sama
Hj. Siti Muntamah Peroleh Penghargaan PKS Jabar Award 2024, Sebagai Caleg Perempuan Dengan Perolehan Suara Terbanyak
Anggota DPRD Jabar Rita Puspita Melaksanakan Penyebarluasan Perda Tentang Penyelenggaraan Ekonomi Kreatif
Berita ini 87 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 24 Mei 2024 - 13:57 WIB

“Event Cycling De Jabar” Berpotensi Tingkatkan Pendapatan Daerah Dari Sektor Pariwisata Olah Raga Bersepeda

Jumat, 24 Mei 2024 - 13:38 WIB

Masyarakat Dibuat Penasaran Siapa Sosok Bakal Calon Pendamping Aba IDI

Jumat, 24 Mei 2024 - 10:42 WIB

“Forest Walk” Destinasi Wisata Alam di Pusat Kota Bandung Yang Wajib dikunjungi

Kamis, 23 Mei 2024 - 13:51 WIB

Mengapa Kota Bandung Menjadi Magnet Para Wisatawan, Berikut Ulasannya

Kamis, 23 Mei 2024 - 13:25 WIB

Jawa Barat Provinsi Dengan Perokok Terbanyak Ke-3 di Indonesia

Kamis, 23 Mei 2024 - 12:54 WIB

Komisi I DPRD Jabar dan Komisi II Kabupaten Solok Lakukan Konsultasi Terkait Penanganan Konflik Sosial Jelang Pilkada 2024

Rabu, 22 Mei 2024 - 04:02 WIB

Sat Pol PP Kota Bandung Sita 276 Botol Minuman Beralkohol dan 278 Butir Obat Daftar G Tanpa Izin

Rabu, 22 Mei 2024 - 03:49 WIB

Demo Terus Berlangsung DPD BIN Jatim Nilai Pj Bupati Sampang gagal Ciptakan Iklim Sejuk Dimasyarakat

Berita Terbaru