Ini Muasal Lato- Lato Bermula, Di Amerika Lato- Lato Sempat Populer

- Penulis Berita

Senin, 9 Januari 2023 - 06:27 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Demam Lato-lato kini telah merambah ke perkantoran. salah seorang karyawati perusahaan sedang memainkan Lato-lato. ft Rui

Demam Lato-lato kini telah merambah ke perkantoran. salah seorang karyawati perusahaan sedang memainkan Lato-lato. ft Rui

BandungPuber. Com —  Saat ini media sosial ramai dengan unggahan foto dan video anak-anak yang tengah bermain lato-lato, unggahan-unggahan tersebut memancing perhatian publik sehingga membuat publik penasaran, mengenai apa itu lato-lato.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Presiden Joko Widodo sedang mencoba permainan Lato-lato. ft ist

Permainan Lato- lato ini bahkan viral hingga sempat coba dimainkan Presiden Joko Widodo bersama Gubernur Jabar Ridwan Kamil, dan sempat menjadi topik perbincangan di meja makan Menhan Prabowo Subianto.

Faktor lain yang membuat lato-lato viral tentu saja adalah media sosial. Dengan adanya media sosial nilai-nilai yang terkandung dalam permainan ini bisa menyebar membuat banyak orang penasaran untuk mencoba sensasinya.

Lantas kapan permainan ini mulai populer, lato-lato merupakan sebuah permainan yang pernah viral di Amerika Serikat pada akhir 1960 hingga awal 1970.

Dikutif dari Haluan. Com, Sangking viralnya lato-lato pada masa itu. Pada awal tahun 1970, lato-lato bisa menjangkau penduduk di Calcinatello, sebuah daerah provinsi kecil di Italia dengan populasi penduduk 12.832.

Bahkan, menurut John P. Swann seorang sejarawan FDA, kepopuleran lato-lato di Calcinatello tersebut membuat para pecinta lato-lato disana mengadakan sebuah kompetisi tahunan.

Keviralan lato-lato pada awal tahun 1970-an tersebut menyebabkan ratusan pembuat mainan berhasil menjual jutaan lato-lato atau clacker ke seluruh penjuru dunia.

Sebelumnya, permainan lato-lato ini merupakan sebuah senjata dari Argentina yang dinamai the Bolas atau Boleadoras, senjata yang digunakan oleh gauchos (Koboy Argentina) yang mencoba menangkap guanaco (hewan yang terlihat seperti ilama).

Permainan lato-lato ini terbuat dari dua bola polimer padat yang masing-masing bola nya memiliki diameter sekitar 5 cm atau 2 inchi, setiap bolanya tersambung pada sebuah tali yang kokoh.

Selain terbuat dari polimer, bola pada lato-lato juga bisa terbuat dari akrilik, kayu, ataupun logam. Namun, bola lato-lato yang terbuat dari akrilik tida disarankan penggunaannya karena mudah pecah saat terjadi benturan keras sehingga pecahannya dapat membahayakan pengguna.

Karenanya, untuk menghindari masyarakat dari bahayayanya sebuah permainan lato-lato. Food and Drugs Administration FDA yang biasa mengatur tentang keamanan mengenai makanan dan obat-obatan pun terpaksa mengeluarkan undang-undang yang melarang mainan yang mengandung bahaya bahan kimia, mudah terbakar, atau radioaktif.

Namun, seiring dengan perkembangan sains dan ilmu pengetahuan, bola pada lato-lato bisa dibuat dengan menggunakan bahan polimer yang tidak mudah pecah. Sehingga, aman digunakan untuk bermain.

Editor: Beny

 

 

Berita Terkait

Masyarakat Dibuat Penasaran Siapa Sosok Bakal Calon Pendamping Aba IDI
DPRD Jabar Lakukan Penandatanganan Record of Discussion atau RoD dengan DPRD Provinsi Chungcheongnam-do Korea Selatan
Komisi I DPRD Jabar dan Komisi II Kabupaten Solok Lakukan Konsultasi Terkait Penanganan Konflik Sosial Jelang Pilkada 2024
Demo Terus Berlangsung DPD BIN Jatim Nilai Pj Bupati Sampang gagal Ciptakan Iklim Sejuk Dimasyarakat
Bey Machmudin Dampingi Menteri Luhut Binsar Panjaitan Luncurkan Buku Citarum Harum di Nusa Dua Bali
Partai Gerindra Kota Batam Usung Li Claudia Chandra dalam Pilwako 2024
Pansus IV DPRD Jabar Bahas Isu Penting Terkait RPJPD 2025- 2045 dan Pelayanan Dasar Masyarakat
KPP Jawa Barat Bersama KPP Kalimantan Tengah Lakukan Sharing Program Kegiatan 2024
Berita ini 26 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 28 Mei 2024 - 03:07 WIB

Plh Sekda Kota Bandung Hikmat Ginanjar Sebut Para ASN Harus Promosikan Wisata Kota Bandung

Selasa, 28 Mei 2024 - 01:55 WIB

Buntut Kecelakaan Truk di Cimahi Akibatkan 1 Meninggal dan Sejumlah Luka-Luka, Bey Machmudin: “Saya Akan Panggil Kadis Perhubungan” !

Selasa, 28 Mei 2024 - 01:45 WIB

Pemilihan Gubernur Jabar 2024 Resmi Diluncurkan Pj Gubernur Bey Machmudin

Selasa, 28 Mei 2024 - 01:33 WIB

Dinilai Berhasil dalam Penerapan SPBE Kota Terbaik, Pemkot Bandung Peroleh Penghargaan dari KemenPAN-RB

Senin, 27 Mei 2024 - 00:46 WIB

Danpusdikbekang Taekwondo Championship 2024 Jaring Atlit Berbakat Punya Mental Juara

Senin, 27 Mei 2024 - 00:34 WIB

Mendalami Makna Nilai Insyaallah sebagai Upaya Menggapai Puncak Kesadaran Tauhid

Sabtu, 25 Mei 2024 - 14:58 WIB

Kawasan Wisata Yang Satu Ini Mirip Seperti di Soul Korea Selatan

Jumat, 24 Mei 2024 - 13:57 WIB

“Event Cycling De Jabar” Berpotensi Tingkatkan Pendapatan Daerah Dari Sektor Pariwisata Olah Raga Bersepeda

Berita Terbaru