Gelar Pelatihan Coding untuk Pelajar Terbanyak se-Indonesia, Optima Tech Academy Pecahkan Rekor Muri

- Penulis Berita

Senin, 29 Januari 2024 - 14:13 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Optima Tech Academy merupakan salah satu institusi pendidikan teknologi informatika dengan 24 tahun pengalaman di Indonesia sejak 1990, mengadakan workshop “Hour of Code” pada tanggal 4-15 Desember 2023 lalu di berbagai sekolah ternama.

Optima Tech Academy merupakan salah satu institusi pendidikan teknologi informatika dengan 24 tahun pengalaman di Indonesia sejak 1990, mengadakan workshop “Hour of Code” pada tanggal 4-15 Desember 2023 lalu di berbagai sekolah ternama.

BANDUNGPUBER. COM, JAKARTA – Kemajuan teknologi ilmu komputer (Computer Science) hadirkan dampak positif dan peluang besar bagi upaya berbagai pihak akademisi dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Salah satunya melalui pengenalan dan pengajaran coding pada anak-anak dan remaja.

Pemerintah melalui Kemdikbud juga telah mewajibkan mata pelajaran informatika di sekolah agar pelajar Indonesia mampu bersaing secara global, dengan kemampuan berpikir komputasional melalui pengasahan kompetensi problem-solving mereka melalui cara berpikir terstruktur dan logis melalui konsep algoritma sederhana.

Untuk itu, Optima Tech Academy, institusi pendidikan teknologi informatika dengan 24 tahun pengalaman di Indonesia sejak 1990, mengadakan workshop “Hour of Code” pada tanggal 4-15 Desember 2023 lalu di berbagai sekolah ternama seperti SD Tarakanita 4, SD Global Islamic School Depok, SMA Tarakanita Citra Raya, SMA Tarakanita 2 dan 5 Jakarta, serta SMA Abdi Siswa Bintaro, dengan jumlah peserta sebanyak 2,742 pelajar hingga memecahkan rekor MURI “Pelatihan Coding kepada Pelajar Terbanyak.”

Hour of Code adalah kegiatan global pengenalan ilmu komputer selama satu jam yang dirancang untuk melatih ilmu coding sekaligus mengenalkan secara lebih dekat dasar-dasarnya pada anak-anak dan remaja melalui perangkat komputer serta gawai seperti tablet dan smartphone. Kampanye workshop Hour of Code sendiri dilaksanakan di lebih dari 180 negara, didukung oleh lebih dari 400 mitra pelaksana resmi di seluruh dunia, termasuk Optima Tech Academy. Dalam workshop ini, para peserta didik mendapatkan pengetahuan dan pembelajaran pembuatan animasi, game, proyek AI, dan aplikasi di smartphone.

Workshop ini pun merupakan bagian dari rangkaian acara yang ditutup dengan Optima Coding Competition yang diselenggarakan pada tanggal 27-28 Januari di Hotel Shangrila dan Pullman Central Park, bersamaan dengan Pameran Pendidikan Luar Negeri yang bekerja sama dengan Optima Education.

Melalui berbagai program intrakurikuler informatika dan ekstrakurikuler di bidang Coding, Robotic, Digital Arts, Content Creation, serta Digital Marketing yang ada di Optima Tech Academy, setiap proses belajar mengajar dirancang sedemikian rupa untuk menjawab kebutuhan pengetahuan mereka yang dikemas secara menarik. Para peserta didik pun bisa menikmati proses pembelajaran ilmu komputer dengan kurikulum dan materi yang terus diperbarui sambil terus mengembangkan kompetensi mereka, baik dalam kemampuan teknikal, kompetensi komunikasi, kemampuan problem-solving, daya berpikir kritis, kreatif, hingga berinovasi.

Berita Terkait

Tensi Politik Memanas: Ribuan Massa Kepung Kantor Pemkab Sampang
Johanes Gluba Gebse Kandidat Dengan Elektabilitas Terunggul Sebagai Calon Gubernur Papua
Tim Pemanjat Putri TRAMP Luncurkan Ekspedisi Pemanjatan Tebing Parang TRAMP
Dana Dimakan Marketing BCA Multifinance, Rekening Nasabah di Debit Bayar Cicilan
Hakim MK Guntur Hamzah Kembali Akan Dilaporkan Terkait Dugaan Penyalahgunaan Fasilitas Negara
SIARAN PERS DK PWI PUSAT. Wahai Hendry Ch Bangun Yang Terhormat Tinggalkan Segera Cawe Cawe Itu !!!! Patuhilah Rekomendasi Dewan Kehormatan PWI Pusat
Jelang Pilkada 2024 Dukungan Terus Mengalir Kepada Calon Bupati Sampang H. Slamet Junaidi
Perjalanan Anak Petani dari Kepala Kamar Mesin ke Kursi Bakal Calon Bupati Lembata
Berita ini 2 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 24 Mei 2024 - 13:57 WIB

“Event Cycling De Jabar” Berpotensi Tingkatkan Pendapatan Daerah Dari Sektor Pariwisata Olah Raga Bersepeda

Jumat, 24 Mei 2024 - 13:38 WIB

Masyarakat Dibuat Penasaran Siapa Sosok Bakal Calon Pendamping Aba IDI

Jumat, 24 Mei 2024 - 10:42 WIB

“Forest Walk” Destinasi Wisata Alam di Pusat Kota Bandung Yang Wajib dikunjungi

Kamis, 23 Mei 2024 - 13:51 WIB

Mengapa Kota Bandung Menjadi Magnet Para Wisatawan, Berikut Ulasannya

Kamis, 23 Mei 2024 - 13:25 WIB

Jawa Barat Provinsi Dengan Perokok Terbanyak Ke-3 di Indonesia

Kamis, 23 Mei 2024 - 12:54 WIB

Komisi I DPRD Jabar dan Komisi II Kabupaten Solok Lakukan Konsultasi Terkait Penanganan Konflik Sosial Jelang Pilkada 2024

Rabu, 22 Mei 2024 - 04:02 WIB

Sat Pol PP Kota Bandung Sita 276 Botol Minuman Beralkohol dan 278 Butir Obat Daftar G Tanpa Izin

Rabu, 22 Mei 2024 - 03:49 WIB

Demo Terus Berlangsung DPD BIN Jatim Nilai Pj Bupati Sampang gagal Ciptakan Iklim Sejuk Dimasyarakat

Berita Terbaru