Gubernur Ridwan Kamil bersama Ribuan Masyarakat Bogor Hadiri Festival Merah Putih

- Penulis Berita

Minggu, 13 Agustus 2023 - 14:16 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Gubernur Ridwan Kamil saat menghadiri Festival Merah Putih di Kota Bogor. ft ist.

Gubernur Ridwan Kamil saat menghadiri Festival Merah Putih di Kota Bogor. ft ist.

BANDUNGPUBER. COM, KOTA BOGOR – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengikuti Festival Merah Putih dan Kirab Bendera Merah Putih sepanjang 100 meter di Kota Bogor, Minggu (13/8/2023).

Bendera Merah Putih dengan panjang 100 meter tersebut dibawa 500 petugas diiringi ribuan masyarakat. Pada kesempatan itu, Ridwan Kamil yang didampingi Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto ikut serta dalam membawa Bendera Merah Putih dari Balai Kota Bogor hingga ke Jalan Siliwangi.

Ridwan Kamil mengapresiasi sebuah tradisi yang telah dilakukan sejak 2016 di Kota Bogor. Menurutnya, saat ini masyarakat hanya perlu merawat dan mempertahankan NKRI juga Bhinneka Tunggal Ika.

“Festival Merah Putih dan Kirab Merah Putih adalah tradisi luar biasa yang saya apresiasi dari Kota Bogor. Kita memperjuangkan merah putih NKRI, tugas kita adalah merawat dan mempertahankan merah putih sebaik-baiknya,” ujar Ridwan Kamil.

Menyambut Hari Kemerdekaan ke – 78 Republik Indonesia, Ridwan Kamil menyebut memerlukan cara-cara yang kreatif dan juga sakral dalam menjaga semangat dan merawat NKRI.

“Selamat menyambut Hari Kemerdekaan ke-78 yang mana perlu cara-cara yang kreatif yang sakral dan populer menjaga semangat NKRI. Salah satunya adalah Festival Merah Putih yang puncaknya Kirab Merah Putih bendera terpanjang semua orang boleh pegang, semua orang boleh membawa bendera itu ke jalan-jalan utama untuk menyimbolkan bahwa bangsa ini tidak diberi hadiah tapi merebut kemerdekaan dengan darah dan air mata,” jelasnya.

Selama menjadi Gubernur Jawa Barat — Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil — sudah mengoptimalkan menjaga keutuhan Pancasila dan NKRI.

“Oleh karena itu saya sebagai Gubernur sudah memaksimalkan selama lima tahun menjaga Pancasila, menjaga NKRI,” tutur Gubernur.

Hal itu dibuktikan dengan adanya kurikulum pendidikan anti – radikalisme di sekolah-sekolah yang ada di Jawa Barat untuk menjaga Pancasila UUD 1945.

Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan tradisi Festival Merah Putih dan Kirab Bendera Merah Putih lahir dari tokoh-tokoh masyarakat Kota Bogor dengan tujuan untuk menjaga NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Ini adalah kegiatan yang telah digagas dari tahun 2016, oleh para tokoh Bogor untuk menjaga BKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Pesannya adalah dari Bogor untuk Indonesia damai guyub dan Indonesia yang penuh dengan kebersamaan,” kata Bima.

Bima Arya menyambut dengan gembira kedatangan Ridwan Kamil, karena di masa kepemimpinnya menjabat sebagai Gubernur Jabar yang tinggal menghitung hari bisa hadir membersamai dalam acara yang sakral di bulan Kemerdekaan.

“Kami sangat bangga di hari-hari terakhir Pak Gubernur berkenan untuk membersamai kami memastikan bahwa kita tetap NKRI. Mudah-mudahan semangat Merah Putih semangat Bhinneka Tunggal Ika tidak hanya sekadar di bibir, tidak hanya sekadar di dada, tetapi di jiwa dan di pikiran kita semua,” pungkasnya.

Berita Terkait

Bey Machmudin Dampingi Menteri Luhut Binsar Panjaitan Luncurkan Buku Citarum Harum di Nusa Dua Bali
Rapat Paripurna DPRD Jabar Bahas Rekomendasi dan LKPJ Gubernur Jabar Tahun Anggaran 2023
Apartemen Gardenia Bogor Dinyatakan Pailit Oleh Pengadilan Niaga Jakarta Pusat
Anggota Komisi V DPRD Jabar Hj. Siti Muntamah Menerima Kunjungan Sekolah SMPN 7 Membahas Terkait Karakter yang Wajib Dimiliki Pemimpin
Turun Langsung ke TKP Kecelakaan Bus Pariwisata di Subang, Kakorlantas: Pemeriksaan Awal Tak Temukan Jejak Rem di Lokasi
Ketua Pansus II Hj. Siti Muntamah Berharap Para Disabilitas Memperoleh Kesetaraan Hak Yang Sama
Hj. Siti Muntamah Peroleh Penghargaan PKS Jabar Award 2024, Sebagai Caleg Perempuan Dengan Perolehan Suara Terbanyak
Anggota DPRD Jabar Rita Puspita Melaksanakan Penyebarluasan Perda Tentang Penyelenggaraan Ekonomi Kreatif
Berita ini 1 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 28 Mei 2024 - 03:07 WIB

Plh Sekda Kota Bandung Hikmat Ginanjar Sebut Para ASN Harus Promosikan Wisata Kota Bandung

Selasa, 28 Mei 2024 - 01:55 WIB

Buntut Kecelakaan Truk di Cimahi Akibatkan 1 Meninggal dan Sejumlah Luka-Luka, Bey Machmudin: “Saya Akan Panggil Kadis Perhubungan” !

Selasa, 28 Mei 2024 - 01:45 WIB

Pemilihan Gubernur Jabar 2024 Resmi Diluncurkan Pj Gubernur Bey Machmudin

Selasa, 28 Mei 2024 - 01:33 WIB

Dinilai Berhasil dalam Penerapan SPBE Kota Terbaik, Pemkot Bandung Peroleh Penghargaan dari KemenPAN-RB

Senin, 27 Mei 2024 - 00:46 WIB

Danpusdikbekang Taekwondo Championship 2024 Jaring Atlit Berbakat Punya Mental Juara

Senin, 27 Mei 2024 - 00:34 WIB

Mendalami Makna Nilai Insyaallah sebagai Upaya Menggapai Puncak Kesadaran Tauhid

Sabtu, 25 Mei 2024 - 14:58 WIB

Kawasan Wisata Yang Satu Ini Mirip Seperti di Soul Korea Selatan

Jumat, 24 Mei 2024 - 13:57 WIB

“Event Cycling De Jabar” Berpotensi Tingkatkan Pendapatan Daerah Dari Sektor Pariwisata Olah Raga Bersepeda

Berita Terbaru