Anggota DPRD Jabar Hj. Siti Muntamah Ungkap Keistimewaan Bulan Suci Ramadan

- Penulis Berita

Senin, 25 Maret 2024 - 03:50 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Anggota DPRD Jabar  terpilih  Hj. Siti Muntamah, S.AP. dengan perolehan suara terbanyak yaitu  135.946 Suara.

Anggota DPRD Jabar terpilih Hj. Siti Muntamah, S.AP. dengan perolehan suara terbanyak yaitu 135.946 Suara.

BANDUNGPUBER. COM, Kota Bandung – Anggota DPRD Jabar Fraksi PKS, Hj. Siti Muntamah, S..AP. ungkap keistimewaan bulan Ramadan dan bagaimana pula kita mengistimewakan amalan untuk menempuh 29 hari perjalanan di bulan tersebut, dalam keterangan yang diterima pada, Jum’at (22/3/2024).

Hj. Siti Muntamah atau biasa dipanggil Umi Siti ini menjelaskan tentang keistimewaan Ramadan secara menyeluruh, berikut ulasannya.

Menurut Hj Siti Muntamah “Sebagai manusia terbaik, sebagai mukmin pilihan, menghadapi Ramadhan tentu saja disambut secara paripurna melalui kesiapan ruh, jasad dan akal. Atau dengan menggunakan istilah pendidikan, bagaimana bulan Ramadhan disiapkan dengan bekal penguasaan kognitif, afektif dan psikomotor”. tuturnya.

Lebih lanjut Hj Siti menjelaskan, secara kognitif kita tahu dan paham tentang aturan dasar dan pernik fikihnya. Kapan harus sahur, kapan harus buka, apa saja yang terkategori batal, dan seterusnya. Secara afektif, kita sepenuhnya sadar meyakini bahwa hadirnya bulan suci adalah jamuan Allah untuk kita menghamba dengan senikmat-nikmatnya. Sadar bahwa Ramadhan adalah perjalanan untuk menghadirkan inner beauty (baca: kesalehan, energi positif, kestabilan emosi).  secara psikomotor, bagaimana Ramadhan adalah refleksi atas nilai, kebiasaan, keluhungan, kecakapan dan penguasaan, sehingga tiada lagi keluhan atasnya sebab kita telah menguasainya secara jiwa dan raga. Dalam kata lain, kita telah menguasainya, baik secara teori maupun dinamika di lapangan, jelas Umi Siti.

Itulah keindahan jamuan Allah Swt. Ramadhan bulan yang suci, yang melimpah di dalamnya filosofi kehidupan. Sebagaimana Khalifah pertama kita Abu Bakar Ash-Shiddiq sampaikan  “Barang siapa yang memasuki kubur tanpa membawa bekal yaitu berupa amal shalih maka keadaannya seperti orang yang menyeberangi lautan tanpa menggunakan perahu”.

Menurut Umi Siti, dengan Bulan Ramadhan, cukupkah kita hanya dengan memenuhi regulasinya saja dari sahur hingga berbuka? Cukupkah dengan hanya menahan makan dan minum? Tentu tak demikian. Karena Ramadhan menantang kita untuk memenuhi lumbung. Lumbung amal, lumbung emosi positif, lumbung keilmuan. Termasuk memantik kreativitas kita untuk menyiapkan dan menentukan tema.

Tema apakah yang kita usung untuk Ramadhan terbaik kita di tahun ini? Sangat terbuka lebar untuk berkreasi menentukannya, yang seklaigus terkoneksi dengan ekspektasi dan afirmasi kita.

“Ibu-ibu hebat yang dirahmati Allah. Mari bergegas menuju Ramadhan yang tinggal berapa kali 24 jam saja. Mari hidupkan bulan ini dengan sinergi dan berbakti. Sinergi di antara masyarakat terkecil kita (keluarga), di antara tetangga, teman kerja, kolega, dan seterusnya. Sebagaimana filosofi masyarakat Sunda. “Paheuyeuk-heuyeuk” alias bahu membahu. Dengan sinergi, mengalir mata air keikhlasan, keterbukaan, saling menjaga dan saling menyokong kebaikan yang kita perjuangkan”.tambahnya.

Selanjutnya, jelas Hj Siti, “melalui berbakti. Bagaimana kita ditempa untuk menghadirkan amal terbaik. Untuk apa? Untuk keberdayaan kita sebagai makhluk sempurna di antara makhluk lainnya. Untuk menegaskan kita sebagai mukmin yang kuat.”tandasnya.

 

Editor: Beny

 

Berita Terkait

Bey Machmudin Dampingi Menteri Luhut Binsar Panjaitan Luncurkan Buku Citarum Harum di Nusa Dua Bali
Rapat Paripurna DPRD Jabar Bahas Rekomendasi dan LKPJ Gubernur Jabar Tahun Anggaran 2023
Apartemen Gardenia Bogor Dinyatakan Pailit Oleh Pengadilan Niaga Jakarta Pusat
Anggota Komisi V DPRD Jabar Hj. Siti Muntamah Menerima Kunjungan Sekolah SMPN 7 Membahas Terkait Karakter yang Wajib Dimiliki Pemimpin
Turun Langsung ke TKP Kecelakaan Bus Pariwisata di Subang, Kakorlantas: Pemeriksaan Awal Tak Temukan Jejak Rem di Lokasi
Ketua Pansus II Hj. Siti Muntamah Berharap Para Disabilitas Memperoleh Kesetaraan Hak Yang Sama
Hj. Siti Muntamah Peroleh Penghargaan PKS Jabar Award 2024, Sebagai Caleg Perempuan Dengan Perolehan Suara Terbanyak
Anggota DPRD Jabar Rita Puspita Melaksanakan Penyebarluasan Perda Tentang Penyelenggaraan Ekonomi Kreatif
Berita ini 41 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 25 Mei 2024 - 14:58 WIB

Kawasan Wisata Yang Satu Ini Mirip Seperti di Soul Korea Selatan

Jumat, 24 Mei 2024 - 13:57 WIB

“Event Cycling De Jabar” Berpotensi Tingkatkan Pendapatan Daerah Dari Sektor Pariwisata Olah Raga Bersepeda

Jumat, 24 Mei 2024 - 10:42 WIB

“Forest Walk” Destinasi Wisata Alam di Pusat Kota Bandung Yang Wajib dikunjungi

Kamis, 23 Mei 2024 - 13:25 WIB

Jawa Barat Provinsi Dengan Perokok Terbanyak Ke-3 di Indonesia

Kamis, 23 Mei 2024 - 13:04 WIB

DPRD Jabar Lakukan Penandatanganan Record of Discussion atau RoD dengan DPRD Provinsi Chungcheongnam-do Korea Selatan

Kamis, 23 Mei 2024 - 12:54 WIB

Komisi I DPRD Jabar dan Komisi II Kabupaten Solok Lakukan Konsultasi Terkait Penanganan Konflik Sosial Jelang Pilkada 2024

Rabu, 22 Mei 2024 - 04:02 WIB

Sat Pol PP Kota Bandung Sita 276 Botol Minuman Beralkohol dan 278 Butir Obat Daftar G Tanpa Izin

Selasa, 21 Mei 2024 - 13:01 WIB

KPK RI Apresiasi Pemkot Bandung dan Menjadikan Bandung Sebagai Contoh dalam Menanamkan Nilai- Nilai Integritas di Indonesia

Berita Terbaru