Menggapai kehidupan Harmoni Dengan Tidak Mengumbar Aib Diri dan Orang Lain

- Penulis Berita

Minggu, 4 Februari 2024 - 09:02 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BANDUNGPUBER. COM – “Menghindari Mengumbar Aib diri dan orang lain  dalam menggapai kehidupan yang harmoni”, kutipan diatas adalah judul dar ceramahnya Ust. Sofyan sauri, dalam kajian ahad, (4/2/2024).

Menurut Ust Sofyan pengertian aib secara bahasa bermakna cacat atau kekurangan, sementara itu dalam kitab ad-dur-al- Mukhtar dijelaskan bahwa aib merupakan suatu bagian yang tidak ada dari asal penciptaannya dan hal itu diangga sebagai betuk kekurangan.ujarnya.

Lebih lanjut Ust Sofyan menyampaikan bahwa  pengertian aib terbagi dua yaitu, aib khalqiyah yang bersifat kodrat dan aib khuluqiyah yang berkenaan dengan perilaku. Aib Khalqiyah merupakan aib karena terdapat cacat disalah satu organ tubuh atau penyakit yang membuat malu apabila diketahui oleh orang lain.

Sementara aib Khuluqiyah yang bersifat fi’li (perilaku) merupakan aib dari perbuatan maksiat, baik yang dilakukan sembunyi-  sembunyi atau terang – terangan.

“Untuk itu marilah kita jauhi ghibah, dusta, prasangka dan mencari- cari orang lain sebagaimana kita menjaga aib pribadi, jelasnya.

Sementara membuka aib orang lain sama dengan membuka aib diri sendiri. Memang berat meninggalkan dosa yang satu ini, menahan tidak membicarakan kejelekan orang lain itu sangalah berat. Karena beratnya itu maka besar pula balasan bagi hamba yang mampu menjaga lisannya dari mengumbar aib orang yaitu Allah akan menutupi aibnya di dunia dan akherat, tambahnya.

Apa keutamaan menjaga aib, menurutnya ada tiga hal yaitu, pertama Allah akan menutup aibnya di hari kiamat bagi orang yang menutup aib saudaranya, kedua orang yang menutup aib orang lain seperti menghidupkan bayi yang dikubur hidup – hidup dan yang ketiga Allah mengampuni sagala aib dosanya yang pernah dilakukan.

Dan Apa bahayanya mengumbar aib, pertama Allah akan membongkar aibnya bagi yang mencari-cari orang lain, kedua tidak dimaafkan dosanya karena mengumbar aibnya, dan ketiga mendapat azab yang pedih di dunia dan akherat, jelasnya.

Untuk itu bagaimana menghindari mengumbar aib diri dan orang lain dalam menggapai kehidupan yang harmoni, pertama senantiasa mengingkat keutamaan menutup aib dan bahaya mengumbarnya, kedua jauhi prasangka, mencari aib orang lain dan menebar kebencian, ke tiga merasa diawasi oleh malaikat pengawas, ke empat senantias menjaga tangannya dan lisannya dan yang terakhir bertakwa dan mengiringi perbuatan buruk dengan perbuatan baik, ucapnya.

“Tahun ini kita dihadapi tahun pemilu maka janganlah kita saling mencari kekurangan, menebar aib dan kesalahannya untuk mengalahkan pasangan calon lain”, dikutip dari  Ibnul Qayyim rahimahullah dalam kitab Madarijus salikin mengatakan “Setiap maksiat yang dijelek- jelekan pada saudaramu, maka itu akan kembali kepadamu, maka akan kembali kepadamu. Maksudnya, Engkau bisa dipastikan melakukan dosa tersebut” jelas ust Sofyan.

”Semoga hal ini menjadi sebuah renungan dalam kehidupan umat manusia, bahwasannya menutup aib seseorang adalah perbuatan mulia”, pungkasnya.

 

Editor: Beny

Berita Terkait

”Refleksi Nilai-Nilai Ibadah Haji dan Ibadah Kurban sebagai Upaya Menguatkan Kesalehan Individual dan Sosial”
Minggu Besok di CFD Dago Bakal Digelar Pelayanan Administrasi Pembayaran Pajak Hingga Pengurusan SIM, Catat Waktunya !
Bukti Kerja Nyata, Pemkot Bandung Peroleh Penghargaan dari Pemprov Jabar dalam Mensejahterakan Masyarakat Terutama Lansia
Hewan Kurban di Kota Bandung Aman dari PMK dan Antraks
Pj Wali Kota Bandung Berharap Umat Muslim Dapat Meneladani Nabi Ibrahim AS, yang Senantiasa Ikhlas dan Sabar
DKPP Kota Bandung Menyatakan Jumlah Hewan Yang Disemblih Tahun 2024 Alami Peningkatan
Sapi Qurban Yang Terpelosok ke dalam Parit Berhasil Diselamatkan Diskar Kota Bandung
Kehadiran Starlink di Indonesia Akankah Menjadi Ancaman, Berikut Penjelasan dari Sang Pemilik
Berita ini 45 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 22 Juni 2024 - 23:24 WIB

Rekam Jejak Mayjen TNI (Purn) Purwo Sudaryanto di Kalimantan Tengah

Jumat, 21 Juni 2024 - 06:53 WIB

Kegiatan TRAMP untuk Susur Sungai Ciliwung dan Penghijauan Bantaran

Jumat, 21 Juni 2024 - 01:33 WIB

Harapan Besar Rakyat Sampang Pada Sosok Aba Idi Sebagai Bupati Sampang

Kamis, 20 Juni 2024 - 05:51 WIB

Dengan Digitalisasi, Proses Kurban di Masjid Al Marjan Jadi Lebih Mudah

Rabu, 19 Juni 2024 - 01:36 WIB

Guna Memastikan Kebersihan Sungai, Sekda Herman Pantau Kondisi Sungai Citarum di Batujajar

Selasa, 18 Juni 2024 - 10:32 WIB

Aktivis Muda Putra Daerah Sampang Yayan , Tanggapi Voice Note Yang Viral

Sabtu, 15 Juni 2024 - 10:41 WIB

PAUDQu Kharisma, Berawal dari Kepedulian

Kamis, 13 Juni 2024 - 14:42 WIB

Sambut Kenaikan Kelas, Puluhan Siswa- Siswa PAUD KB Melati 2 Kalapanunggal Gelar Pentas Seni

Berita Terbaru