Kemendag Sambut Baik Jakarta Jadi Tuan Rumah Pameran SIAL InterFood

- Penulis Berita

Rabu, 8 November 2023 - 23:43 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BANDUNGPUBER. COM, Jakarta – Pameran International makanan dan minuman terbesar di Indonesia, SIAL InterFood ke 24 resmi dibuka pada 8 November sampai 11 November 2023 yang diselenggarakan bersamaan dengan Seafood Show Asia Expo 2023 dan INAShop Expo 2023 di Jakarta International Expo Kemayoran.

Sebanyak 895 perusahaan diantaranya 100 UMKM dan Peserta yang berasal dari 20 negara yang ikut berpatisipasi dalam pameran yang di selenggarakan oleh Krista Exhibitions.

CEO Krista Exhibition Daud D. Salim mengatakan bahwa pameran tahunan SIAL InterFood 2023 kembali terselenggara dan mengalami peningkatan 20% peserta dibandingkan tahun 2022, elain itu ada sekitar 100 peserta dari para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang ikut serta di pameran ini dapat memperluas jaringan serta meningkatkan bisnis hingga go internasional.

“Pameran ini juga menyediakan platform yang lengkap untuk menghubungkan antara peserta dan pengunjung pameran dilengkapi oleh sesi Business Matching agar para pelaku industri makanan dan minuman ini bisa saling terhubung dan menjaring potensi baru untuk mengembangkan bisnis mereka,” jelas Daud D Salim saat menyampaikan sambutannya di acara pembukaan Sial InterFood 2023 di hall D2 Jakarta International Expo Kemayoran, Rabu (8/11/23).

Dalam sambutannya, Ketua Umum Gabungan Produsen Makanan Minuman Indonesia (GAPMMI), Adhi S. Lukman menyampaikan bahwa, Ia senantiasa menyambut baik dan mendukung PT.Krista Exhibitions dalam memprakarsai Pameran SIAL Interfood 2023, yang diadakan pada tanggal 8-11 November 2023 di Jakarta International Expo, Kemayoran.

Menurutnya, tahun 2023 ini, GAPMMI mengikutsertakan 17 IKM binaan sebagai bentuk dukungan terhadap program nasional Indonesia Spice Up The World dan Bangga Buatan Indonesia, dimana dalam kedua program nasional tersebut, GAPMMI menjadi salah satu koordinatornya.

“Diharapkan melalui pameran ini, para pelaku usaha IKM binaan GAPMMI bisa mendapatkan banyak buyer potensial dan tentunya dapat memperoleh manfaat yang positif untuk kemajuan usahanya,” ujar Adhi S. Lukman.

Terkait pameran tersebut, Kementerian Perdagangan menyambut baik peran Jakarta sebagai kota tuan rumah penyelenggaraan pameran makanan dan minuman internasional SIAL Interfood ke-24 tahun ini.

“Pemilihan Indonesia sebagai salah satu negara penyelenggara SIAL Interfood merupakan bentuk pengakuan bahwa Tanah Air kita memiliki potensi industri produk makanan dan minuman yang diperhitungkan di kancah global. Selain Jakarta, SIAL Network juga menggelar pameran serupa di beberapa kota bisnis di dunia,” kata Dirjen Pengembangan Ekspor Kemendag Didi Sumedi.

Sebagai informasi, bekerjasama dengan berbagai Organisasi, Asosiasi, pakar di bidang industri makanan dan minuman terkemuka, chef, juga praktisi di bidang kuliner dan gastronomi bertaraf internasional dan berbagai program menarik yang akan di sajikan seperti “Sial Innovation” merupakan program acara yang memberikan penghargaan tertinggi kepada peserta SIAL InterFood 2023 atas inovasi terbaik untuk produk makanan minuman dan industri pendukungnya, seperti pengemasan dan pengolahan.

Produk pemenang akan ditampilkan di semua jaringan pameran SIAL, seperti di Perancis, Cina, Kanada, India, Tiongkok, hingga Timur Tengah.

Pengujung juga disuguhkan dengan kompetisi memasak yang diselenggarakan oleh Association Cullinary Profesionals (ACP) yang diikuti lebih dari 600 peserta yang bertajuk La Cuisine 2023, program menarik dari Indonesia Coffee Art Battle (ICAB) dan Sial Interfood Roasting Competition (SIROC) yang mengajak para pelaku Industri kopi tanah air, Esperto Barista Workshop, La Cuisine Pastrie, Gelato Workshop by Espresso Italy, Seminar GAPMMI, Seminar dari IPF, LPPOM MUI, KAN.

Pameran SIAL InterFood 2023 ini bertujuan untuk membangkitkan kembali potensi industry makanan dan minuman Indonesia.

Pameran Sial Interfood merupakan pameran yang tepat untuk mempromosikan makanan dan minuman Indonesia yang berpotens dikenal hingga pasar mancanegara. Saat mengunjungi pameran tersebut, para pengunjung akan disuguhkan dengan banyaknya variasi seperti makanan olahan bahan dasar susu dan keju,daging dan daging olahan, ikan, hasil laut, buah, sayuran, teh, gula, coklat, makanan dan minuman kebugaran dan kesehatan, makanan beku, es krim, gelato, pizza, makanan organic makanan siap saji kalengan, bahan untuk bakery, hingga makanan dan minuman beralkohol. Tak hanya itu pengunjung pameran SIAL InterFood 2023 juga dapat menemukan sejumlah alat-alat penunjang bisnis kuliner seperti mesin baking sampai dengan packaging.

Berkat dukungan Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia bersama dukungan berbagai asosiasi terkemuka seperti Gabungan Produsen Makanan Minuman (GAPMMI), Asosiasi

Lisensi Indonesia (ASENSI), Association of Culinary Professionals (ACP), Asosiasi Pengusaha Pengolahan Dan Pemasaran Produk Perikanan Indonesia (AP5I), Asosiasi Rantai Pendingin Indonesia (ARPI), Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), Asosiasi Artisan Teh Indonesia (ARTI), Dewan Kopi Indonesia (DEKOPI), Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI), Perkumpulan Petani dan Penggiat Kopi Indonesia (Asosiasi Kopi Indonesia-ASKI), Federasi Pengemasan Indonesia (IPF) menjadi parameter kesuksesan SIAL InterFood 2023.

Pameran SIAL Interfood 2023 akan dibuka mulai Rabu – Sabtu, pukul 10.00 – 19.00 WIB dan terbuka untuk umum. Setiap pengunjung yang ingin masuk ke arena pameran akan dikenakan biaya registrasi sebesar Rp 150.000. Dengan begitu, pengunjung akan mendapatkan akses selama empat hari di semua hall pameran Sial Interfood 2023. (E.L).

Berita Terkait

Syahid Ibrahim Sampaikan Apresiasi Tinggi Atas Kesuksesan Helmy Yahya Berikan Motivasi Untuk PT KPI Unit Dumai
Ada Campur Tangan Oknum Petugas, Proyek Rumah Kos Berujung Pelaporan
Indonesia Akan Selenggarakan Halal Expo di Brunai
Tensi Politik Memanas: Ribuan Massa Kepung Kantor Pemkab Sampang
Johanes Gluba Gebse Kandidat Dengan Elektabilitas Terunggul Sebagai Calon Gubernur Papua
Tim Pemanjat Putri TRAMP Luncurkan Ekspedisi Pemanjatan Tebing Parang TRAMP
Dana Dimakan Marketing BCA Multifinance, Rekening Nasabah di Debit Bayar Cicilan
Hakim MK Guntur Hamzah Kembali Akan Dilaporkan Terkait Dugaan Penyalahgunaan Fasilitas Negara
Berita ini 1 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 22 Juni 2024 - 23:24 WIB

Rekam Jejak Mayjen TNI (Purn) Purwo Sudaryanto di Kalimantan Tengah

Jumat, 21 Juni 2024 - 06:53 WIB

Kegiatan TRAMP untuk Susur Sungai Ciliwung dan Penghijauan Bantaran

Jumat, 21 Juni 2024 - 01:33 WIB

Harapan Besar Rakyat Sampang Pada Sosok Aba Idi Sebagai Bupati Sampang

Kamis, 20 Juni 2024 - 05:51 WIB

Dengan Digitalisasi, Proses Kurban di Masjid Al Marjan Jadi Lebih Mudah

Rabu, 19 Juni 2024 - 01:36 WIB

Guna Memastikan Kebersihan Sungai, Sekda Herman Pantau Kondisi Sungai Citarum di Batujajar

Selasa, 18 Juni 2024 - 10:32 WIB

Aktivis Muda Putra Daerah Sampang Yayan , Tanggapi Voice Note Yang Viral

Sabtu, 15 Juni 2024 - 10:41 WIB

PAUDQu Kharisma, Berawal dari Kepedulian

Kamis, 13 Juni 2024 - 14:42 WIB

Sambut Kenaikan Kelas, Puluhan Siswa- Siswa PAUD KB Melati 2 Kalapanunggal Gelar Pentas Seni

Berita Terbaru