Kolaborasi Bersama Kementan, DPD SWI Depok Sukses Menggelar Puncak Acara Peringatan HPN

- Penulis Berita

Jumat, 1 Maret 2024 - 03:24 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Sekber Wartawan Indonesia (SWI) Kota Depok, peringati Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2024 secara estafet, dengan puncak acara Tanam Bibit Pohon dan Tebar Bibit Ikan, di Situ Cilodong, Kelurahan Kalibaru, Kota Depok, Jawa Barat, Kamis (29/2/24).

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Sekber Wartawan Indonesia (SWI) Kota Depok, peringati Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2024 secara estafet, dengan puncak acara Tanam Bibit Pohon dan Tebar Bibit Ikan, di Situ Cilodong, Kelurahan Kalibaru, Kota Depok, Jawa Barat, Kamis (29/2/24).

BANDUNGPUBER. COM, DEPOK – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Sekber Wartawan Indonesia (SWI) Kota Depok atau yang sering disebut Sekber Depok, sukses menggelar rangkaian kegiatan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2024 secara estafet, dengan puncak acara Tanam Bibit Pohon dan Tebar Bibit Ikan, di Situ Cilodong, Kelurahan Kalibaru, Kota Depok, Jawa Barat, Kamis (29/2/24).

Direktur Pembiayaan Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI) Dr. Ir. Indah Meghawati, yang diwakili oleh Ketua Tim Fasilitasi Pembiayaan Pertanian Direktorat Pembiayaan Pertanian Kementan RI Rizki Hermawan, menyampaikan apresiasinya kepada SWI Depok, yang turut berkontribusi menanam pohon.

“Artinya, bahwa masih ada sekelompok masyarakat, yang masih menginginkan kegiatan dalam bidang pertanian, yaitu menanam dan seterusnya,” ujarnya, usai penanaman pohon dan tebar bibit ikan, di Situ Cilodong bersama SWI Depok.

Ia mengemukakan, Direktur Indah berpesan bahkan mensupport, agar kegiatan Sekber Depok tersebut, harus dilanjutkan.

“Nanti kan pasca kegiatan peringatan HPN ini, kita bisa adakan kolaborasi berikutnya,” imbuh Rizki.

Ketua DPD SWI Kota Depok Dindin Syarifudin mengatakan, puncak perayaan HPN tahun 2024 ini, mengambil tema Membangun Dedikasi Untuk Indonesia Lebih Baik dan Maju.

“Melalui ini, kita ingin memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat dan lingkungan, sehingga masyarakat juga ikut peduli terhadap lingkungannya sendiri,” tambahnya.

Dindin mengucapkan terima kasih kepada UPTD Balai Benih Ikan (BBI) DKP3 Kota Depok, yang telah memberikan 3000 ekor bibit ikan dan kepada Persemaian Permanen Cimanggis Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDASHL) Citarum Ciliwung, yang memberikan 700 bibit tanaman jenis buah dan kayu.

Sementara itu, Sekretaris Kecamatan Cilodong Supriyatun menyampaikan, melalui perayaan HPN di wilayahnya itu, diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisata di Situ Cilodong.

“Pak Camat ingin dengan mengadakan HPN di Situ Cilodong ini, bisa meningkatkan pariwisata sehingga bisa membantu perekonomian masyarakat,” terangnya.

Sedangkan Sekjend SWI Herry Budiman dalam sambutannya, lebih menjabarkan tentang sejarah DPD SWI Depok dan perkembangan SWI saat ini, yang tengah menunggu proses verifikasi faktual Dewan Pers.

“Alhamdulillah pada 17 Oktober 2023, SWI sudah memenuhi persyaratan untuk menjadi konstituen Dewan Pers,” ceplosnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pada tanggal yang sama pula, SWI juga sudah mendaftarkan diri ke Dewan Pers, untuk menjadi konstituen Dewan Pers.

“Selanjutnya, SWI sedang menunggu proses verifikasi faktual yang akan dilakukan oleh Dewan Pers, terhadap 10 provinsi yang menjadi salah satu butir persyaratan standar organisasi kewartawanan, yang ditetapkan oleh Dewan Pers,” paparnya.

Herry menambahkan, dalam waktu yang tidak terlalu lama, semoga Dewan Pers sudah bisa segera mengeluarkan keputusan, SWI sebagai konstituen Dewan Pers.

Disela kegiatan tersebut, Kabid Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Kota Depok Waluyo, secara simbolis menyerahkan klaim Jaminan Kematian atas nama Alm. Fir’ad yang merupakan Kabid OKK DPD SWI Depok, yang meninggal dunia pada Januari 2024 lalu, kepada Wakil Ketua DPD SWI Depok Yeni, yang sudah diserahkan kepada ahli waris.

“Ini sebagai simbolis saja, diserahkan kepada saya selaku Perisai BPJS Ketenagakerjaan, sebab Alm Fir’ad masuk dalam perisai saya. Untuk uangnya, sudah BPJS Ketenagakerjaan serahkan langsung ke rekening ahli waris,” terangnya.

Rangkaian kegiatan HPN 2024 yang SWI Depok gelar sebelumnya yakni, Ngopi Bareng (Ngobar) dengan BPJS Ketenagakerjaan, pada 31 Januari dan Senam Sehat Bersama, di Terminal Jatijajar Depok, pada 25 Februari.

Kemudian berlanjut, kegiatan Ngopi Bareng Camat & Lurah se-Kacamatan Cilodong, pada 27 Februari di Cafe New Wajan Tepi Danau Cilodong dan sebagai puncak acara HPN adalah, Tanam Bibit Pohon dan Tebar Benih Ikan, di Situ Cilodong.

Dalam puncak rangkaian kegiatan tersebut, tampak hadir jajaran Kementerian Pertanian RI, jajaran Pemkot Depok, Kodim 0508/Depok, Polrestro Depok, BPJS Ketenagakerjaan Kota Depok dan sejumlah elemen masyarakat, serta para ketua organisasi wartawan. (Yus).

Berita Terkait

Syahid Ibrahim Sampaikan Apresiasi Tinggi Atas Kesuksesan Helmy Yahya Berikan Motivasi Untuk PT KPI Unit Dumai
Ada Campur Tangan Oknum Petugas, Proyek Rumah Kos Berujung Pelaporan
Indonesia Akan Selenggarakan Halal Expo di Brunai
Tensi Politik Memanas: Ribuan Massa Kepung Kantor Pemkab Sampang
Johanes Gluba Gebse Kandidat Dengan Elektabilitas Terunggul Sebagai Calon Gubernur Papua
Tim Pemanjat Putri TRAMP Luncurkan Ekspedisi Pemanjatan Tebing Parang TRAMP
Dana Dimakan Marketing BCA Multifinance, Rekening Nasabah di Debit Bayar Cicilan
Hakim MK Guntur Hamzah Kembali Akan Dilaporkan Terkait Dugaan Penyalahgunaan Fasilitas Negara
Berita ini 3 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 22 Juni 2024 - 23:24 WIB

Rekam Jejak Mayjen TNI (Purn) Purwo Sudaryanto di Kalimantan Tengah

Jumat, 21 Juni 2024 - 06:53 WIB

Kegiatan TRAMP untuk Susur Sungai Ciliwung dan Penghijauan Bantaran

Jumat, 21 Juni 2024 - 01:33 WIB

Harapan Besar Rakyat Sampang Pada Sosok Aba Idi Sebagai Bupati Sampang

Kamis, 20 Juni 2024 - 05:51 WIB

Dengan Digitalisasi, Proses Kurban di Masjid Al Marjan Jadi Lebih Mudah

Rabu, 19 Juni 2024 - 01:36 WIB

Guna Memastikan Kebersihan Sungai, Sekda Herman Pantau Kondisi Sungai Citarum di Batujajar

Selasa, 18 Juni 2024 - 10:32 WIB

Aktivis Muda Putra Daerah Sampang Yayan , Tanggapi Voice Note Yang Viral

Sabtu, 15 Juni 2024 - 10:41 WIB

PAUDQu Kharisma, Berawal dari Kepedulian

Kamis, 13 Juni 2024 - 14:42 WIB

Sambut Kenaikan Kelas, Puluhan Siswa- Siswa PAUD KB Melati 2 Kalapanunggal Gelar Pentas Seni

Berita Terbaru