Kolaborasi dengan Gema INTI, Kanwil Jakbar Gelar Sosialisasi NIK-NPWP

- Penulis Berita

Kamis, 16 Februari 2023 - 08:55 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Wakil Ketua Umum GEMA INTI Albert Darmawan dalam sambutannya menyampaikan “GEMA INTI merupakan sayap organisasi PERHIMPUNAN INTI yang dibentuk atas dasar semangat anak muda yang mau belajar.

Wakil Ketua Umum GEMA INTI Albert Darmawan dalam sambutannya menyampaikan “GEMA INTI merupakan sayap organisasi PERHIMPUNAN INTI yang dibentuk atas dasar semangat anak muda yang mau belajar.

BandungPuber. Com, Jakarata – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jakarta Barat berkolaborasi dengan Gema INTI (Generasi Muda Perhimpunan Indonesia Tionghoa) menggelar Sosialisasi Pemadanan NIK sebagai NPWP pada hari Rabu tanggal 15 Februari 2023 di kawasan Petak Enam Gedung Chandra, Jalan Pancoran Nomor 43, Glodok, Jakarta Barat.

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh Wakil Ketua Umum GEMA INTI Albert Darmawan, Sekjen Perhimpunan INTI (Indonesia-Tionghoa) Candra Jap, Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat Kanwil DJP Jakarta Barat Herry Setyawan, Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Tamansari Aly Rahmat Shaleh dan Perwakilan Petak Enam, serta para peserta yang antara lain merupakan anggota GEMA INTI juga para pemilik gerai dan toko, bahkan pengunjung di kawasan Petak Enam dan Gedung Chandra.

Wakil Ketua Umum GEMA INTI Albert Darmawan dalam sambutannya menyampaikan “GEMA INTI merupakan sayap organisasi PERHIMPUNAN INTI yang dibentuk atas dasar semangat anak muda yang mau belajar, bersuara, berkarya dan membangun koneksi sesame jaringan organisasi serta mengekspresikan apa yang menjadi buah pikirannya untuk mencari solusi atas keresahan-keresahan yang dirasakan oleh anak muda,” ujar Albert.

“GEMA INTI Pusat bekerja sama dengan Kanwil DJP Jakarta Barat dan Petak Enam mengadakan acara sosialisasi ini untuk membantu masyarakat umum untuk memahami lebih lanjut bagaimana memadankan NIK KTP dengan NPWP yang sudah berlaku 1 Juli 2022 dan NPWP tidak dapat digunakan lagi pada 1 Januari 2024,” pungkasnya.

Herrry Setyawan selaku Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat turut memberikan kata sambutan bahwa pemadanan NIK sebagai NPWP merupakan tindak lanjut atas amanat Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan.

Selain pemadanan NIK sebagai NPWP, DJP juga saat ini sedang melangsungkan Reformasi Sistem Administrasi Perpajakan. Terdapat 21 proses bisnis perpajakan akan berubah dengan hadirnya Pembaruan Sistem Inti Perpajakan (PSIAP). Lima diantaranya akan berdampak langsung kepada wajib pajak.

Materi sosialisasi adalah mengenai pemadanan NIK sebagai NPWP yang disampaikan oleh Fungsional Penyuluh Pajak Kanwil DJP Jakarta Barat Herman Setyawan dan Dian Jatmiko Adi. Herman memaparkan bahwa merupakan pelaksanaan amanat UU HPP yang mengatur bahwa Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Orang Pribadi yang merupakan penduduk Indonesia menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Adapun manfaat dari integrasi NIK dengan NPWP adalah untuk memudahkan wajib pajak dalam administrasi perpajakan dengan menggunakan identitas tunggal. Per tanggal 1 Januari 2024 seluruh layanan administrasi perpajakan dan layanan lain yang membutuhkan NPWP, sudah menggunakan NPWP dengan format baru. Sedangkan Dian Jatmiko memaparkan tentang kewajiban perpajakan wajib pajak untuk melaporkan seluruh kegiatan usaha dalam Surat Pemberitahuan (SPT) Masa dan Tahunan sesuai kondisi sebenarnya.

Dalam kegiatan hari ini, dibuka pula layanan konsultasi dan asistensi bagi para peserta dan pengunjung yang hadir di Petak Enam. Bahkan untuk memberikan kemudahan bagi wajib pajak, dibuka pula layanan Pojok Pajak di lantai 3 Petak Enam selama lima hari mulai tanggal 16 sampai tanggal 18 Februari 2023 dan tanggal 20 dan 21 Februari 2023. *Dar Edi Yoga.

Editor: Beny

 

Berita Terkait

Brigjen SPK Kunjungi Paroki St. Fransiskus Asisi Lakulo,Malaka Untuk Kembangkan Pertanian Malaka
Syahid Ibrahim Sampaikan Apresiasi Tinggi Atas Kesuksesan Helmy Yahya Berikan Motivasi Untuk PT KPI Unit Dumai
Ada Campur Tangan Oknum Petugas, Proyek Rumah Kos Berujung Pelaporan
Indonesia Akan Selenggarakan Halal Expo di Brunai
Tensi Politik Memanas: Ribuan Massa Kepung Kantor Pemkab Sampang
Johanes Gluba Gebse Kandidat Dengan Elektabilitas Terunggul Sebagai Calon Gubernur Papua
Tim Pemanjat Putri TRAMP Luncurkan Ekspedisi Pemanjatan Tebing Parang TRAMP
Dana Dimakan Marketing BCA Multifinance, Rekening Nasabah di Debit Bayar Cicilan
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 25 Juni 2024 - 05:05 WIB

DPRD Jabar Memastikan Perpanjangan Waktu Kerja Pansus untuk Mempertajam Pembahasan Serta Singkronisasi

Minggu, 23 Juni 2024 - 04:33 WIB

”Refleksi Nilai-Nilai Ibadah Haji dan Ibadah Kurban sebagai Upaya Menguatkan Kesalehan Individual dan Sosial”

Sabtu, 22 Juni 2024 - 02:46 WIB

Minggu Besok di CFD Dago Bakal Digelar Pelayanan Administrasi Pembayaran Pajak Hingga Pengurusan SIM, Catat Waktunya !

Kamis, 20 Juni 2024 - 01:00 WIB

Bukti Kerja Nyata, Pemkot Bandung Peroleh Penghargaan dari Pemprov Jabar dalam Mensejahterakan Masyarakat Terutama Lansia

Rabu, 19 Juni 2024 - 01:27 WIB

Hewan Kurban di Kota Bandung Aman dari PMK dan Antraks

Selasa, 18 Juni 2024 - 03:52 WIB

Pj Wali Kota Bandung Berharap Umat Muslim Dapat Meneladani Nabi Ibrahim AS, yang Senantiasa Ikhlas dan Sabar

Senin, 17 Juni 2024 - 23:47 WIB

DKPP Kota Bandung Menyatakan Jumlah Hewan Yang Disemblih Tahun 2024 Alami Peningkatan

Senin, 17 Juni 2024 - 23:28 WIB

Sapi Qurban Yang Terpelosok ke dalam Parit Berhasil Diselamatkan Diskar Kota Bandung

Berita Terbaru

PAUDQu Kharisma saat menggelar pelepasan siswa dan pentas seni pada hari Minggu, (23/6/24)

Jawa Barat

Tarian Tradisional Warnai Pelepasan Siswa PAUDQu Kharisma

Selasa, 25 Jun 2024 - 04:53 WIB