Komisi I DPRD Jabar Pantau Kesiapan Program Saber hoaxs Di Kabupaten Subang

- Penulis Berita

Jumat, 29 Juli 2022 - 09:02 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat pantau kesiapan dan persiapan salah satu program yang dicanangkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat yakni Saber Hoaks diwilayah Kabupaten Subang. ft humas DPRD Jabar

Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat pantau kesiapan dan persiapan salah satu program yang dicanangkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat yakni Saber Hoaks diwilayah Kabupaten Subang. ft humas DPRD Jabar

Subang. BandungPuber. Com — Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat pantau kesiapan dan persiapan salah satu program yang dicanangkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat yakni Saber Hoaks diwilayah Kabupaten Subang.

Sekretaris Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat, Sadar Muslihat menyebutkan, Jabar Saber Hoaks merupakan salah satu program pemerintah provinsi yang harus didukung. Pasalnya, banyaknya arus informasi dan kecanggihan teknologi, banyak masyarakat Jawa Barat yang termakan berita hoaks (bohong-red).

Dalam upaya memerangi berita bohong atau hoaks, Jabar Saber Hoaks berkolaborasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Subang untuk mengantisipasi atau mencegah maraknya berita hoaks.

“Berita hoaks ditangkal dengan klarifikasi dari pihak yang berwenang dalam hal ini pemerintah setempat berperan penting untuk menangkal hoaks. Tetapi klarifikasinya juga harus benar, jangan sampai menimbulkan atau berpotensi muncul hoaks yang baru, ” Ujar Sadar di Diskomindo Kabupaten Subang Jalan Mayjen Sutoyo no. 46, Karang anyar, Kecamatan Subang, Kabupaten Subang, Selasa (26/7/2022).

Dia berharap agar pemerintah berperan aktif dalam mengedukasi masyarakat tentang menangkap berita hoaks tersebut.

Sebab, maraknya berita hoaks itu lantaran kurangnya sosialisasi literasi tentang informasi yang benar dan dapat dipertanggungjawabkan dari sisi publikasi.

“Ketika masyarakat mendapatkan sebuah informasi melalui media sosial misalnya, kebiasannya tidak menyaring terlebih dahulu informasi tersebut kebenarannya, langsung diteruskan saja kepada pengguna medsos lainnya. Sehingga edukasi literasi ini sangat penting,” Katanya.

Karena itu, lanjutnya, pencegahan dengan mengedepankan edukasi literasi sangat bermanfaat bagi masyarakat untuk menghindari berita hoaks yang diterima masyarakat.

Tak jarang, masyarakat menerima informasi lama yang kemudian disebarkan kembali dengan judul atau tema berbeda. Padahal, peristiwanya terjadi diwaktu yang telah berlalu.

“Misalnya berita bencana yang ujung-ujungnya meminta donasi terhadap bencana tersebut. Padahal kejadiannya dimana dan kapan tidak dapat diketahui,” pungkasnya.

 

Editor: Beny

Berita Terkait

Bey Machmudin Dampingi Menteri Luhut Binsar Panjaitan Luncurkan Buku Citarum Harum di Nusa Dua Bali
Rapat Paripurna DPRD Jabar Bahas Rekomendasi dan LKPJ Gubernur Jabar Tahun Anggaran 2023
Apartemen Gardenia Bogor Dinyatakan Pailit Oleh Pengadilan Niaga Jakarta Pusat
Anggota Komisi V DPRD Jabar Hj. Siti Muntamah Menerima Kunjungan Sekolah SMPN 7 Membahas Terkait Karakter yang Wajib Dimiliki Pemimpin
Turun Langsung ke TKP Kecelakaan Bus Pariwisata di Subang, Kakorlantas: Pemeriksaan Awal Tak Temukan Jejak Rem di Lokasi
Ketua Pansus II Hj. Siti Muntamah Berharap Para Disabilitas Memperoleh Kesetaraan Hak Yang Sama
Hj. Siti Muntamah Peroleh Penghargaan PKS Jabar Award 2024, Sebagai Caleg Perempuan Dengan Perolehan Suara Terbanyak
Anggota DPRD Jabar Rita Puspita Melaksanakan Penyebarluasan Perda Tentang Penyelenggaraan Ekonomi Kreatif
Berita ini 4 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 25 Mei 2024 - 14:58 WIB

Kawasan Wisata Yang Satu Ini Mirip Seperti di Soul Korea Selatan

Jumat, 24 Mei 2024 - 13:57 WIB

“Event Cycling De Jabar” Berpotensi Tingkatkan Pendapatan Daerah Dari Sektor Pariwisata Olah Raga Bersepeda

Jumat, 24 Mei 2024 - 10:42 WIB

“Forest Walk” Destinasi Wisata Alam di Pusat Kota Bandung Yang Wajib dikunjungi

Kamis, 23 Mei 2024 - 13:25 WIB

Jawa Barat Provinsi Dengan Perokok Terbanyak Ke-3 di Indonesia

Kamis, 23 Mei 2024 - 13:04 WIB

DPRD Jabar Lakukan Penandatanganan Record of Discussion atau RoD dengan DPRD Provinsi Chungcheongnam-do Korea Selatan

Kamis, 23 Mei 2024 - 12:54 WIB

Komisi I DPRD Jabar dan Komisi II Kabupaten Solok Lakukan Konsultasi Terkait Penanganan Konflik Sosial Jelang Pilkada 2024

Rabu, 22 Mei 2024 - 04:02 WIB

Sat Pol PP Kota Bandung Sita 276 Botol Minuman Beralkohol dan 278 Butir Obat Daftar G Tanpa Izin

Selasa, 21 Mei 2024 - 13:01 WIB

KPK RI Apresiasi Pemkot Bandung dan Menjadikan Bandung Sebagai Contoh dalam Menanamkan Nilai- Nilai Integritas di Indonesia

Berita Terbaru