Pemprov Jabar Fasilitasi Pembangunan Padepokan Pencak Silat Di Jatinagor Seluas 8 Hektare

- Penulis Berita

Selasa, 13 September 2022 - 07:44 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Gubernur Jawa Barat H.M. Ridwaan Kamil saat  menghadiri pelantikan pengurus Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Jawa Barat masa bakti 2022-2026 di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (12/9/2022). ft humas Jabar

Gubernur Jawa Barat H.M. Ridwaan Kamil saat menghadiri pelantikan pengurus Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Jawa Barat masa bakti 2022-2026 di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (12/9/2022). ft humas Jabar

BandungPuber. Com — Jawa Barat berkomitmen mengembangkan olahraga dan seni Pencak Silat agar terus berprestasi di tingkat nasional maupun internasional.

Salah satu bentuk dukungan adalah dengan menyediakan lahan 8 hektare untuk padepokan Pencak Silat di Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil sendiri yang akan mendesain padepokan tersebut secara arsitektur.

Demikian terungkap dalam pelantikan pengurus Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Jawa Barat masa bakti 2022-2026 di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (12/9/2022).

“Pencak Silat di Jawa Barat adalah budaya nomor satu. Kami lestarikan dalam bentuk kurikulum, dalam rencana membuat padepokan di Jatinangor. Kita lestarikan dengan mengumandangkan hari Pencak Silat Jabar 12 Desember,” ujar Ridwan Kamil.

Menurut Gubernur, Jabar berupaya menjadi yang terdepan dalam memfasilitasi berbagai macam olahraga, termasuk Pencak Silat yang kerap berprestasi baik di tingkat nasional maupun internasional.

“Kontingen Jabar berhasil menjadi juara umum baik di PON maupun di perhelatan internasional,” sebutnya.

Termasuk sebagai seni budaya, upaya menjaga Pencak Silat telah dilakukan dengan ikut melobi Unesco supaya menjadikan Pencak Silat sebagai warisan budaya dunia tak benda.

“Termasuk kami yang mencintai silat ini melobi Unesco beberapa tahun (waktu masih Wali Kota Bandung), sampai akhirnya Unesco menganugerahi warisan budaya dunia,” tutur kang Emil — panggilan akrab Ridwan Kamil.

Kang Emil berharap Pencak Silat tidak hanya sukses sebagai cabang olah raga, seni dan budaya, tapi sebagai media pembentukan watak dan karakter unggul dan tangguh. Pencak Silat, kata Kang Emil, bisa menjadi salah satu nutrisi mewujudkan Indonesia Emas 2045.

“Mudah-mudahan Allah berkahi negeri ini menjadi negara adidaya suatu hari nanti, dengan kekuatan watak yang dilatih dari bela diri dan budaya,” pungkas Kang Emil.

Pengurus IPSI Jabar periode 2022-2026 dilantik Ketua Umum IPSI Prabowo Subianto. Menteri Pertahanan RI itu mengapresisi kecintaan Ridwan Kamil pada Pencak Silat. Termasuk komitmen menyediakan lahan untuk padepokan Pencak Silat.

“Jadi tadi Gubernur sudah menyiapkan lahan 8 hektare, ini kita berterima kasih. Kita akan diskusikan nanti, kita akan lihat. Beliau arsitek, katanya sudah desain sendiri. Kita akan lihat bagaimana kontribusi kepada kampung padepokan Pencak Silat Jabar,” ungkap Prabowo.

Kepada pengurus IPSI Jabar yang baru dilantik, Prabowo meminta untuk membina generasi penerus bangsa yang kuat dan tahan banting juga jujur adil.

“Begitu banyak prestasi dan sumbangan Jabar kepada kehormatan budaya kita.  Pencak Silat adalah warisan budaya nenek moyang kita. Pencak Silat adalah bagian dari pembangunan watak untuk menghasilkan generasi penerus yang tangguh yang ulet, tahan banting, tahan derita, berani jujur adil,” tuturnya.

Apabila hal itu semua dapat terealisasi, menurut Prabowo, masa depan Indonesia akan cerah di tangan pemuda yang menganut paham optimisme.

Adapun IPSI Jabar periode 2022- 2026 diketui Phinera Wijaya. Pemilihan Ketua IPSI dilakukan pada Musyawarah Provinsi XI di Hotel Preanger Bandung, pada Selasa 11 Januari 2022. *Humas Jabar

 

Editor: Hermawan

Berita Terkait

Bey Machmudin Dampingi Menteri Luhut Binsar Panjaitan Luncurkan Buku Citarum Harum di Nusa Dua Bali
Rapat Paripurna DPRD Jabar Bahas Rekomendasi dan LKPJ Gubernur Jabar Tahun Anggaran 2023
Apartemen Gardenia Bogor Dinyatakan Pailit Oleh Pengadilan Niaga Jakarta Pusat
Anggota Komisi V DPRD Jabar Hj. Siti Muntamah Menerima Kunjungan Sekolah SMPN 7 Membahas Terkait Karakter yang Wajib Dimiliki Pemimpin
Turun Langsung ke TKP Kecelakaan Bus Pariwisata di Subang, Kakorlantas: Pemeriksaan Awal Tak Temukan Jejak Rem di Lokasi
Ketua Pansus II Hj. Siti Muntamah Berharap Para Disabilitas Memperoleh Kesetaraan Hak Yang Sama
Hj. Siti Muntamah Peroleh Penghargaan PKS Jabar Award 2024, Sebagai Caleg Perempuan Dengan Perolehan Suara Terbanyak
Anggota DPRD Jabar Rita Puspita Melaksanakan Penyebarluasan Perda Tentang Penyelenggaraan Ekonomi Kreatif
Berita ini 4 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 24 Mei 2024 - 13:57 WIB

“Event Cycling De Jabar” Berpotensi Tingkatkan Pendapatan Daerah Dari Sektor Pariwisata Olah Raga Bersepeda

Jumat, 24 Mei 2024 - 13:38 WIB

Masyarakat Dibuat Penasaran Siapa Sosok Bakal Calon Pendamping Aba IDI

Jumat, 24 Mei 2024 - 10:42 WIB

“Forest Walk” Destinasi Wisata Alam di Pusat Kota Bandung Yang Wajib dikunjungi

Kamis, 23 Mei 2024 - 13:51 WIB

Mengapa Kota Bandung Menjadi Magnet Para Wisatawan, Berikut Ulasannya

Kamis, 23 Mei 2024 - 13:25 WIB

Jawa Barat Provinsi Dengan Perokok Terbanyak Ke-3 di Indonesia

Kamis, 23 Mei 2024 - 12:54 WIB

Komisi I DPRD Jabar dan Komisi II Kabupaten Solok Lakukan Konsultasi Terkait Penanganan Konflik Sosial Jelang Pilkada 2024

Rabu, 22 Mei 2024 - 04:02 WIB

Sat Pol PP Kota Bandung Sita 276 Botol Minuman Beralkohol dan 278 Butir Obat Daftar G Tanpa Izin

Rabu, 22 Mei 2024 - 03:49 WIB

Demo Terus Berlangsung DPD BIN Jatim Nilai Pj Bupati Sampang gagal Ciptakan Iklim Sejuk Dimasyarakat

Berita Terbaru