Pramuka Warga Binaan Rutan Bandung Raih Juara II Saat Latihan Gabungan Pramuka Lapas Rutan se Bandung Raya

- Penulis Berita

Minggu, 11 Juni 2023 - 08:35 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BANDUNGPUBER. COM, Kota Bandung – Bukti pembinaan terhadap warga binaan di lapas dan rutan terus dilakukan setiap hari, dibuktikan dalam kegiatan pembinaan melalui bidang kepramukaan yang digelar oleh warga binaan se Bandung Raya Sabtu (10/06) kemarin

Kegiatan latihan gabungan Pramuka Gugus Depan Khusus Lapas/Rutan/LPKA se Bandung raya dan Sumedang, digelar di Lapas Kelas II A Banceuy, Bandung.

Kegiatan yang dilaksanakan di area lapangan dalam lapas kelas IIA Banceuy ini diikuti Korwil Bandung Raya sebanyak 132 peserta Warga Binaan dari korwil khusus lapas rutan dan LPKA sebandung raya diikuti oleh korwil Lapas Kelas I Sukamiskin, Lapas Kelas IIA Banceuy, Lapas Kelas IIA Perempuan Bandung, Lapas Narkotika Kelas IIA Bandung, Rutan Kelas I Bandung, Rutan Perempuan Bandung, Lembaga Pembinaan Khusus Anak, serta Lapas Kelas IIB Sumedang, Peserta tamu dari Gudep Kwartir Cabang Gerakan Pramuka kota Bandung.

Kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan surat Keputusan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat nomor.85 tahun 2021 tentang Pedoman Penyelengaraan Kepramukaan di Lapas/Rutan dan LPKA, perlu ada kegiatan Bersama berupa kegiatan Latihan gabungan (latgab) Pramuka Gugus Depan Lapas/Rutan/LPKA se Jawa Barat, serta surat keputusan kepala kantor wilayah kementerian Hukum dan Hak asasi Manusia jawa Barat Nomor: W.11-3026.PK.05.01 tahun 2023 tanggal 20 februari 2023 tentang Pembentukan tim Pokja Pengembangan Program Pendidikan kepramukaan di Lapas/Rutan/LPKA Se Jawa Barat, Dalam rangka pelaksanaan Program Pembinaan Kepramukaan tahun 2023.

Dalam kesempatan ini Kadivpas Kemenkumham Jabar Kusnali berpesan kepada para peserta untuk senantiasa menjadikan kegiatan ini sebagai ajang perbaikan serta kemandirian bagi warga Binaan Pemasyarakatan khususnya yang ada di lingkungan Kwarcab Kota Bandung.

“Jadikan pramuka sebagai sarana pembinaan di Lapas dan Rutan untuk perbaikan serta kemandirian warga binaan, dan mengenal nilai nilai kebangsaan, ” jelasnya, Sabtu 10 Juni di Lapas Banceuy Bandung.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh ketua kwartir Cabang kota bandung Muhammad Ridlo Eisy, dalam kegiatan ini Muhammad Ridlo berpesan agar senantiasa menjadikan kegiatan ini sebagai latihan dasar Bela Negara kepada Warga Binaan Pemasyarakatan yang ada di lingkungan Bandung raya dan sumedang.

“Kepada warga binaan, saya berharap pramuka sebagai wadah membina wawasan kebangsaan kita, dan sebagai bentuk bela negara yang dilakukan oleh warga binaan selama menjalani masa tahanan, ” jelasnya.

Kegiatan yang dilaksanakan di Lapas Banceuy ini dihadiri oleh seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis di area Bandung Raya dan Sumedang.

Kalapas Banceuy Heri Kusrita sebagai tuan rumah pelaksanaan, merasa optimis kegiatan akan berjalan dengan aman dan tertib.

“Kegiatan ini bisa mendorong Warga Binaan pemasyarakatan khususnya yang berada di lingkungan bandung raya dan sumedang bisa meningkatkan kemandirian dan kepribadian yang lebih baik lagi, ” jelasnya.

Heri berharap dengan kegiatan ini bisa menjadikan Warga Binaan menjadi lebih baik lagi serta bisa meningkatnya Keimanan dan Ketakwaan, Jiwa Persatuan dan Kesatuan Bangsa.

“Kegiatan ini juga bisa memupuk kedisiplin, Kepedulian terhadap sesama dan lingkungan, serta Keterampilan Kepramukaan dan managerial, serta Jiwa Kewirausahaan akan selalu tertanam di benak para peserta,” terang Heri.

Kegiatan Latihan gabungan ini bertujuan membina dan mengembangkan Pramuka Gugus Depan Lapas/Rutan/LPKA sebagai kader Bangsa dan Kader Pembangunan, Sasaran yang ingin dicapai adalah meningkatnya Keimanan dan Ketakwaan, Jiwa Persatuan dan Kesatuan Bangsa, Disiplin,Kepedulian terhadap sesama dan lingkungan, Keterampilan Kepramukaan dan managerial, Jiwa Kewirausahaan.

Kegiatan dengan motto Satyaku Kudarmakan, darmaku kubaktikan mengambil Tema Kegiatan Bersaudra, Berprestasi, dan berkarya.

Materi kegiatan ini meliputi Pengetahuan Umum Kepramukaan, Kepemimpinan dan Bela Negara, Kewirausahaan, Taksir Ukur, Pionering, P 3 K, Cara mendirikan tenda, PBB, Sandi/Morse, Semaphore, Pentas Seni dan api Ungggun.

Dalam kegiatan ini, Rutan Kelas I Bandung meraih juara II latihan pramuka se gugus depan khusus Lapas Rutan se Bandung Raya.

Kepala Rutan Kelas I Bandung Suparman, mengatakan bahwa raihan ini hasil pembinaan maksimal kepada warga binaan di Rutan Kelas I Bandung.

“Ini bukti bahwa pembinaan terus dilakukan kepada warga binaan saat menjalani masa tahanan di Rutan, kami tidak akan pernah berhenti membina warga binaan yang ada di Rutan Kelas I Bandung, ” jelasnya, Minggu 11 Juni 2023.

Suparman menegaskan, bila pembinaan dilakukan secara sungguh-sungguh maka akan tercapai keberhasilan dalam pembinaan tersebut.

Sebanyak 15 anggota pramuka Rutan Kelas I Bandung mengikuti Latihan Gabungan Pramuka Gugus Depan yang bertajuk Lomba materi-materi yang berhubungan dengan wawasan kebangsaan dan bernegara diantaranya Materi Bela Negara, Tehnik Kepramukaan dan Pentas Seni.Lapas, Rutan, dan LPKA, diikuti oleh seluruh Lapas, Rutan, dan LPKA se-Bandung Raya. Latihan gabungan Pramuka Gugus Depan ini terselenggara berkat dukungan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat dan Kwartir Cabang Pramuka Kota Bandung.

Di bawah asuhan Surya Widjaya Selaku Kepala Seksi Pelayanan Tahanan ( YANTAH ) Dan Boy Naldo selaku Kepala Subseksi Bantuan Hukum dan Penyuluhan Tahanan (BHPT) Rutan Kelas I Bandung, tim pramuka Rutan Bandung berhasil menyingkirkan lawan-lawan yang dihadapi sejak babak penyisihan hingga babak final dan berhasil mempersembahkan hasil yang terbaik.

Dalam kesempatan ini, Suparman selaku Kepala Rutan Kelas I Bandung mengungkapkan apresiasinya terhadap seluruh jajaran yang terlibat dalam kegiatan tersebut.

“Saya mengapresiasi atas kerja keras dari seluruh jajaran yang terlibat dalam kegiatan ini, prestasi ini tentunya menunjukan keberhasilan kita dalam melaksanakan Layanan Kepribadian bagi warga binaan yang salah satunya melalui kegiatan Pramuka, dan semoga ini menjadi pelecut semangat bagi kita untuk terus berprestasi” ungkapnya.

Terpisah, Surya Widjaya dan Boy Naldo mengucapkan syukur atas prestasi yang berhasil diraih.

“Saya merasa bangga atas keberhasilan yang diraih, harapan saya khususnya untuk anak-anak kami anggota Pramuka yang hari ini berhasil menjadi Juara 2 Latihan Gabungan Pramuka Gugus Depan, agar gelar juara ini dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari agar tidak kembali mengulangi tindak pidana” pungkasnya.
Terpisah, Kasubsi BHPT Rutan Kelas I Bandung, Boynaldo Gultom mengatakan bahwa raihan juara II dalam latihan pramuka ini, hasil aplikasi pembinaan kepada warga binaan di bidang pramuka. Kami terus berkomitmen dengan memberikan pelayanan terbaik,” jelasnya.

Berikut urutan juara UPT Bandung raya dan Sumedang yakni : Juara 1. Lapas Narkotika Bandung, Juara 2 Rutan I Bandung dan Juara 3 Lapas Perempuan Bandung.

Selain itu para Juara Harapan 1 diberikan kepada Rutan Perempuan Bandung, Juara Harapan 2 jatuh pada Lapas Banceuy, Juara Harapan 3 Lapas Sumedang dan Juara Harapan 4 LPKA Bandung. *Rif.

 

Editor: Beny

Berita Terkait

Kawasan Wisata Yang Satu Ini Mirip Seperti di Soul Korea Selatan
“Event Cycling De Jabar” Berpotensi Tingkatkan Pendapatan Daerah Dari Sektor Pariwisata Olah Raga Bersepeda
“Forest Walk” Destinasi Wisata Alam di Pusat Kota Bandung Yang Wajib dikunjungi
Mengapa Kota Bandung Menjadi Magnet Para Wisatawan, Berikut Ulasannya
Jawa Barat Provinsi Dengan Perokok Terbanyak Ke-3 di Indonesia
DPRD Jabar Lakukan Penandatanganan Record of Discussion atau RoD dengan DPRD Provinsi Chungcheongnam-do Korea Selatan
Komisi I DPRD Jabar dan Komisi II Kabupaten Solok Lakukan Konsultasi Terkait Penanganan Konflik Sosial Jelang Pilkada 2024
Sat Pol PP Kota Bandung Sita 276 Botol Minuman Beralkohol dan 278 Butir Obat Daftar G Tanpa Izin
Berita ini 10 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 25 Mei 2024 - 14:58 WIB

Kawasan Wisata Yang Satu Ini Mirip Seperti di Soul Korea Selatan

Jumat, 24 Mei 2024 - 13:57 WIB

“Event Cycling De Jabar” Berpotensi Tingkatkan Pendapatan Daerah Dari Sektor Pariwisata Olah Raga Bersepeda

Jumat, 24 Mei 2024 - 10:42 WIB

“Forest Walk” Destinasi Wisata Alam di Pusat Kota Bandung Yang Wajib dikunjungi

Kamis, 23 Mei 2024 - 13:25 WIB

Jawa Barat Provinsi Dengan Perokok Terbanyak Ke-3 di Indonesia

Kamis, 23 Mei 2024 - 13:04 WIB

DPRD Jabar Lakukan Penandatanganan Record of Discussion atau RoD dengan DPRD Provinsi Chungcheongnam-do Korea Selatan

Kamis, 23 Mei 2024 - 12:54 WIB

Komisi I DPRD Jabar dan Komisi II Kabupaten Solok Lakukan Konsultasi Terkait Penanganan Konflik Sosial Jelang Pilkada 2024

Rabu, 22 Mei 2024 - 04:02 WIB

Sat Pol PP Kota Bandung Sita 276 Botol Minuman Beralkohol dan 278 Butir Obat Daftar G Tanpa Izin

Selasa, 21 Mei 2024 - 13:01 WIB

KPK RI Apresiasi Pemkot Bandung dan Menjadikan Bandung Sebagai Contoh dalam Menanamkan Nilai- Nilai Integritas di Indonesia

Berita Terbaru