Primkopkar Perhutani KPH Bandung Utara Bidik Peluang Usaha Baru

- Penulis Berita

Jumat, 12 Mei 2023 - 08:00 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Foto bersama dari kiri Kepala Sub Seksi Hukum, Kepatuhan Agraria dan Kompers Endan Cahyadi, Ketua Dekopinda Kota Bandung Usep Sumarno,Kepala Seksi Produksi dan Ekowisata KPH Bandung Utara Erwin Setiadi serta Ketua Primkopkar Perhutani KPH Bandung Utara Reni Sureni. ft humas.

Foto bersama dari kiri Kepala Sub Seksi Hukum, Kepatuhan Agraria dan Kompers Endan Cahyadi, Ketua Dekopinda Kota Bandung Usep Sumarno,Kepala Seksi Produksi dan Ekowisata KPH Bandung Utara Erwin Setiadi serta Ketua Primkopkar Perhutani KPH Bandung Utara Reni Sureni. ft humas.

BANDUNGPUBER. COM – Sukses menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2022, Primkopkar Perhutani KPH Bandung Utara bertekad membidik peluang usaha baru di luar simpan pinjam dan pengelolaan usaha jasa Parkir di Orchid Forest yang sudah berjalan.

Hal ini diungkapkan Ketua Primkopkar Perhutani KPH Bandung Utara Reni Sureni saat kegiatan RAT Primkopkar Perhutani KPH Bandung Utara di kantor KPH Bandung Utara, Kamis (11/5).

Ketua Primkopkar Perhutani KPH Bandung Utara Reni Sureni

Ditemui disela-sela kegiatan,Reni menyatakan selama ini Primkopkar Perhutani KPH Bandung Utara dinilai sebagai koperasi yang sehat bahkan berprestasi. Terbukti, dengan rutin menggelar RAT setiap tahunnya dan sejumlah penghargaan yang diraih.

“Fokus kedepan adalah bagaimana kita bisa meningkatkan skill dari SDM yang ada berikut mengambil peluang-peluang usaha lain yang sekiranya signifikan. Namun tentu dengan perhitungan yang jelas,” ungkapnya.

Reni mengingatkan meskipun saat ini Primkopkar Perhutani KPH Bandung Utara dinilai sehat, bahkan penghasilan dari usaha pengelolaan jasa parkir di kawasan wisata Orchid Forest meningkat, bukan berarti harus terlena.

Semua stakeholder baik pengurus, manajemen Perhutani KPH Bandung Utara dan lainnya diharapkan bisa mendorong terbukanya peluang usaha baru untuk digarap oleh koperasi. Sebab, imbasnya nanti untuk kesejahteraan anggota juga.

“Ada beberapa usaha yang sudah kami bidik sebagai peluang usaha baru bagi Primkopkar Perhutani KPH Bandung Utara. Misalnya pengelolaan toilet di objek-objek wisata kawasan Perhutani KPH Bandung Utara,” sebutnya.

Mewakili Plt Administratur Perhutani KPH Bandung Utara Arif Margana, Kepala Seksi Produksi dan Ekowisata KPH Bandung Utara Erwin Setiadi mengatakan, pihak manajemen Perhutani tentunya membuka selebar-lebarnya peluang usaha yang bisa dikerjasamakan dengan Primkopkar Perhutani KPH Bandung Utara. Salah satunya peluang usaha yang ada di bidang produksi dan ekowisata.

“Misalnya usaha jasa angkutan untuk produksi kayu dan getah. Selain itu, beberapa peluang usaha dibidang ekowisata. Intinya, pihak manajemen terbuka selebar-lebarnya untuk membuka peluang usaha baru bagi Primkopkar KPH Bandung Utara,” jelasnya.

Ketua Dekopinda Kota Bandung Usep Sumarno dalam sambutannya menyampaikan Primkopkar Perhutani KPH Bandung Utara ini secara konsisten dari tahun ke tahun berhasil menyelesaikan RAT. Hal ini menjadi bukti bahwa koperasi ini sehat.

Ketua Dekopinda Kota Bandung Usep Sumarno (podium) Hadiri RAT Primkopkar Perhutani Bandung Utara

“Bahkan jika melihat data yang ada, koperasi ini tidak hanya sehat tapi juga bermanfaat. Hal ini dilihat dari data jumlah pinjaman, simpanan dan asetnya yang luar biasa,” ungkapnya

Usep menambahkan sejauh ini pihaknya sudah memberikan banyak penghargaan kepada Primkopkar Perhutani KPH Bandung Utara, baik kepada pembinanya maupun ketuanya. Bahkan, saat ini ketuanya Reni Sureni bergabung dengan Badan Komunikasi Wanita Koperasi (BKWK) Kota Bandung.

Kepala Bidang Koperasi dan UKM Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandung Kurniadi menyatakan, Primkopkar Perhutani KPH Bandung Utara ini merupakan koperasi yang luar biasa. Sebab, bisa memberikan profit atau keuntungan yang luar biasa bagi anggotanya. Hal seperti ini yang diharapkan dari sebuah koperasi.

“Keberhasilan ini tentu tidak terlepas dari dorongan dan dukungan pimpinan koperasi KPH Bandung Utara,” ucapnya.

Menurutnya, hal paling menonjol yang menjadi keistimewaan Primkopkar Perhutani KPH Bandung Utara ini adalah mampu memiliki usaha yang profitable (menguntungkan) diluar usaha simpan pinjam.

 

Editor: Beny

Berita Terkait

Bey Machmudin Dampingi Menteri Luhut Binsar Panjaitan Luncurkan Buku Citarum Harum di Nusa Dua Bali
Rapat Paripurna DPRD Jabar Bahas Rekomendasi dan LKPJ Gubernur Jabar Tahun Anggaran 2023
Apartemen Gardenia Bogor Dinyatakan Pailit Oleh Pengadilan Niaga Jakarta Pusat
Anggota Komisi V DPRD Jabar Hj. Siti Muntamah Menerima Kunjungan Sekolah SMPN 7 Membahas Terkait Karakter yang Wajib Dimiliki Pemimpin
Turun Langsung ke TKP Kecelakaan Bus Pariwisata di Subang, Kakorlantas: Pemeriksaan Awal Tak Temukan Jejak Rem di Lokasi
Ketua Pansus II Hj. Siti Muntamah Berharap Para Disabilitas Memperoleh Kesetaraan Hak Yang Sama
Hj. Siti Muntamah Peroleh Penghargaan PKS Jabar Award 2024, Sebagai Caleg Perempuan Dengan Perolehan Suara Terbanyak
Anggota DPRD Jabar Rita Puspita Melaksanakan Penyebarluasan Perda Tentang Penyelenggaraan Ekonomi Kreatif
Berita ini 19 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 28 Mei 2024 - 03:07 WIB

Plh Sekda Kota Bandung Hikmat Ginanjar Sebut Para ASN Harus Promosikan Wisata Kota Bandung

Selasa, 28 Mei 2024 - 01:55 WIB

Buntut Kecelakaan Truk di Cimahi Akibatkan 1 Meninggal dan Sejumlah Luka-Luka, Bey Machmudin: “Saya Akan Panggil Kadis Perhubungan” !

Selasa, 28 Mei 2024 - 01:45 WIB

Pemilihan Gubernur Jabar 2024 Resmi Diluncurkan Pj Gubernur Bey Machmudin

Selasa, 28 Mei 2024 - 01:33 WIB

Dinilai Berhasil dalam Penerapan SPBE Kota Terbaik, Pemkot Bandung Peroleh Penghargaan dari KemenPAN-RB

Senin, 27 Mei 2024 - 00:46 WIB

Danpusdikbekang Taekwondo Championship 2024 Jaring Atlit Berbakat Punya Mental Juara

Senin, 27 Mei 2024 - 00:34 WIB

Mendalami Makna Nilai Insyaallah sebagai Upaya Menggapai Puncak Kesadaran Tauhid

Sabtu, 25 Mei 2024 - 14:58 WIB

Kawasan Wisata Yang Satu Ini Mirip Seperti di Soul Korea Selatan

Jumat, 24 Mei 2024 - 13:57 WIB

“Event Cycling De Jabar” Berpotensi Tingkatkan Pendapatan Daerah Dari Sektor Pariwisata Olah Raga Bersepeda

Berita Terbaru