Raih Prestasi Gemilang! Maria Shevanda Meraih Juara 3 Kategori Broadcast Duta Maritim Indonesia 2023

- Penulis Berita

Selasa, 5 September 2023 - 06:12 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

 Duta Maritim Indonesia 2023  Maria Shevanda. Ft dok, Yoga.

Duta Maritim Indonesia 2023 Maria Shevanda. Ft dok, Yoga.

BANDUNGPUBER. COM, JAKARTA – Untuk mengedepankan pembentukan karakter bangsa dikalangan generasi muda dengan merespon gagasan inovatif dari para generasi muda saat ini, Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (ASPEKSINDO) mengadakan pemilihan Duta Maritim Indonesia.

Duta Maritim Indonesia diselenggarakan sebagai wadah untuk meningkatkan wawasan mengenai kemaritiman dan pengetahuan terkait pengembangan ekonomi berbasis masyarakat pesisir.

ASPEKSINDO merupakan organisasi kerjasama dan hubungan kemitraan antar Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir, serta sebagai penghubung antara Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir dengan Pemerintah pusat dan Industri/Swasta serta pihak lain baik dalam dan luar negeri.

Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Menteri Perdagangan RI, Dr. Jerry Sambuaga, dihadiri beberapa tamu kepala daerah lainnya dan 100 peserta program Duta Maritim Indonesia, yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia, setelah melalui proses karantina dari tanggal 11 hingga 17 Agustus 2023.

Selama di karantina, peserta menerima beragam materi terkait kemaritiman dan juga melaksanakan beberapa pelatihan khusus bertujuan untuk membangun karakter para finalis sebagai duta. Di mana para peserta memiliki kesempatan untuk berdiskusi dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandi Uno, bertemu dengan Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo, serta melakukan kunjungan ke Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

Kompetisi ini menampilkan 100 peserta berbakat dari berbagai daerah di Indonesia, setelah melalui seleksi yang diikuti lebih dari 600 peserta yang mendaftar dari berbagai kabupaten dan kota di seluruh Indonesia.

Melalui dedikasi dan bakat yang luar biasa, Maria Shevanda Christiani Putriyogatama, mahasiswi Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG Surabaya), delegasi dari Surabaya, Jawa Timur berhasil menyingkirkan para finalis lainnya hingga meraih posisi Juara 3 dalam kategori broadcast yang diumumkan pada tanggal 17 Agustus 2023 didepan Bundaran HI, Jakarta.

Maria Shevanda, menarik perhatian juri karena memiliki tingkat keterlibatan yang sangat tinggi dan luas dalam melaporkan berita selama acara karantina Duta Maritim dengan memberikan capaian jumlah berita sekitar 200 link berita tentang dirinya dan kegiatan ajang Duta Maritim Indonesia 2023.

Dalam kesempatan itu Maria Shevanda mengatakan, terdapat beberapa tahapan yang harus dilaluinya sebelum akhirnya dirinya bisa meraih Juara 3 kategori broadcast dalam Duta Maritim Indonesia.

“Saya mengikuti ajang Duta Maritim Indonesia 2023 ini, atas keinginan saya sendiri. Saya berjuang dari tahap pendaftaran, seleksi, lolos seleksi, karantina, hingga puncak final dan awarding pemilihan Duta Maritim Indonesia 2023. Dengan tujuan untuk memperluas relasi, meningkatkan kualitas diri, melatih keberanian dalam ajang nasional, menambah wawasan mengenai kemaritiman, dan ingin mengambil bagian dalam membangun masyarakat di kawasan kepulauan dan pesisir,” kata gadis ayu ini, Selasa (5/9).

Selama karantina, Maria Shevanda, berusaha untuk memberikan yang terbaik, tidak hanya dengan memiliki public speaking yang baik dan banyak memberikan pendapat. Melainkan attitude yang baik juga sangat diperlukan dalam ajang perlombaan, sikap optimis, percaya diri dan fokus pada diri sendiri tanpa menjatuhkan orang lain juga sangat penting.

“Saya sangat berterimakasih kepada Tuhan yang Maha Esa, karena berkat rahmatnya saya diberikan Kesehatan sehingga dapat mengikuti ajang Duta Maritim Indonesia 2023 dengan baik. Saya juga berterimakasih kepada orang tua dan keluarga besar saya, yang ikut serta mendukung hingga membantu persiapan sebelum karantina,” katanya.

Dia juga berterimakasih kepada Laksamana Pertama TNI Eko Wahjono, S.E., M.M. yang mendukung penuh dalam ajang Duta Maritim Indonesia. Juga kepada pihak kampus UNTAG Surabaya terutama Prodi Psikologi, yang membantu serta mendukungnya, serta teman-teman yang juga terus memberi dorongan semangat.

“Terimakasih pula kepada media partner berita yang turut mendukung dengan memberitakan tentang diri saya selama kegiatan Duta Maritim Indonesia hingga ke seluruh Indonesia. Hingga saya dapat memberikan yang terbaik dengan meraih Juara 3 kategori broadcast, terimakasih banyak semuanya,” ungkap Maria Shevanda.

Prestasi gemilang Maria Shevanda sebagai Juara 3 dalam kategori broadcast Duta Maritim Indonesia adalah bukti dari talenta berbakat yang dimiliki generasi muda Indonesia dalam memajukan sektor maritim negara ini. (Dar Edi Yoga).

Berita Terkait

Tensi Politik Memanas: Ribuan Massa Kepung Kantor Pemkab Sampang
Johanes Gluba Gebse Kandidat Dengan Elektabilitas Terunggul Sebagai Calon Gubernur Papua
Tim Pemanjat Putri TRAMP Luncurkan Ekspedisi Pemanjatan Tebing Parang TRAMP
Dana Dimakan Marketing BCA Multifinance, Rekening Nasabah di Debit Bayar Cicilan
Hakim MK Guntur Hamzah Kembali Akan Dilaporkan Terkait Dugaan Penyalahgunaan Fasilitas Negara
SIARAN PERS DK PWI PUSAT. Wahai Hendry Ch Bangun Yang Terhormat Tinggalkan Segera Cawe Cawe Itu !!!! Patuhilah Rekomendasi Dewan Kehormatan PWI Pusat
Jelang Pilkada 2024 Dukungan Terus Mengalir Kepada Calon Bupati Sampang H. Slamet Junaidi
Perjalanan Anak Petani dari Kepala Kamar Mesin ke Kursi Bakal Calon Bupati Lembata
Berita ini 7 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 24 Mei 2024 - 13:57 WIB

“Event Cycling De Jabar” Berpotensi Tingkatkan Pendapatan Daerah Dari Sektor Pariwisata Olah Raga Bersepeda

Jumat, 24 Mei 2024 - 13:38 WIB

Masyarakat Dibuat Penasaran Siapa Sosok Bakal Calon Pendamping Aba IDI

Jumat, 24 Mei 2024 - 10:42 WIB

“Forest Walk” Destinasi Wisata Alam di Pusat Kota Bandung Yang Wajib dikunjungi

Kamis, 23 Mei 2024 - 13:51 WIB

Mengapa Kota Bandung Menjadi Magnet Para Wisatawan, Berikut Ulasannya

Kamis, 23 Mei 2024 - 13:25 WIB

Jawa Barat Provinsi Dengan Perokok Terbanyak Ke-3 di Indonesia

Kamis, 23 Mei 2024 - 12:54 WIB

Komisi I DPRD Jabar dan Komisi II Kabupaten Solok Lakukan Konsultasi Terkait Penanganan Konflik Sosial Jelang Pilkada 2024

Rabu, 22 Mei 2024 - 04:02 WIB

Sat Pol PP Kota Bandung Sita 276 Botol Minuman Beralkohol dan 278 Butir Obat Daftar G Tanpa Izin

Rabu, 22 Mei 2024 - 03:49 WIB

Demo Terus Berlangsung DPD BIN Jatim Nilai Pj Bupati Sampang gagal Ciptakan Iklim Sejuk Dimasyarakat

Berita Terbaru