Rapimnas 2023 di Riau, Pemuda Katolik Ingin Berkontribusi Bangun Bangsa Lewat Program Konkret

- Penulis Berita

Jumat, 14 April 2023 - 03:26 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BandungPuber. Com, Jakarta – Pengurus Pusat Pemuda Katolik (PP Pemuda Katolik) yang dipimpin Ketua Umum PP Pemuda Katolik Stefanus Asat Gusma melakukan kunjungan silaturahmi ke kantor Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) pada hari Kamis (13/4/2023). Perwakilan PP Pemuda Katolik diterima langsung Deputi Bidang Hubungan Kelembagaan dan Kemasyarakatan, Gogor Oko Nurharyoko.

Kunjungan pengurus PP Pemuda Katolik ke Kemensetneg berkaitan dengan rencana pelaksanaan Rapat Pimpinan Nasional I Pemuda Katolik 2023 di Pekanbaru, Riau, 19-21 Mei 2023 mendatang. Dalam pertemuan tersebut pihak Deputi Gogor menyampaikan harapan terhadap kepeloporan Pemuda Katolik dalam menggerakkan generasi muda.

“Saya berharap kepeloporan Pemuda Katolik dalam menggerakkan generasi muda untuk menyukseskan agenda pemulihan nasional dari pandemi menuju endemi,” harapnya.

Selain itu pula Deputi Gogor menyampaikan, “Dalam kaitan dengan tahun politik, Pemuda Katolik diharapkan bisa mendukung dalam pembangunan demokrasi yang maju dan mencerahkan.”

Sementara itu Ketua Umum PP Pemuda Katolik mengucapkan terima kasih kepada Kemensetneg yang telah menerima kehadiran PP Pemuda Katolik. Dalam rangka menuju Indonesia Maju, pembangunan pemuda juga sangat penting untuk mengatasi masalah sosial dan ekonomi seperti pengangguran, kesenjangan sosial dan ekonomi, dan kurangnya kesempatan untuk berkembang dan berkontribusi secara produktif.

“Dengan memfokuskan pada pembangunan pemuda, negara dapat memastikan bahwa sumber daya manusia yang kuat dan terampil akan tersedia untuk memimpin pembangunan dan pertumbuhan jangka panjang,” sebut Gusma sambil berharap pembangunan pemuda harus didukung pembangunan SDM yang memadai.

Lanjut Gusma, dalam rangka menguatkan SDM yang unggul, Rapimnas I akan dikemas secara berbeda. Selain pembahasan agenda internal, juga evaluasi program-program berjalan. Setiap kader dari pusat hingga daerah kembali membangun komitmen terkait agregasi program organisasi, teristimewa penguatan unit bisnis dan program-program kemitraan yang selama ini sudah berjalan.

“Sejauh ini Pemuda Katolik memiliki program kemitraan dengan BUMN dan beberapa instansi pemerintah seperti BKKBN, BP2MI, Petra Digital dengan Kominfo, dan Petrapreneurship seperti GoTo, Bank Sampah Petra, Petra Natural dan Desa Terhubung,” jelas Gusma.

Senada dengan Gusma, Sekretaris Jenderal PP Pemuda Katolik Johanes SM Sitohang menekankan Rapimnas I ini sebagai bentuk konsolidasi kebangsaan. “Ini adalah proses penting dalam membangun sebuah negara yang  maju dan sejahtera. Dalam konteks Indonesia, konsolidasi kebangsaan menjadi semakin penting mengingat tahun politik yang semakin dekat, dengan Pemilihan Umum Presiden dan Legislatif yang akan berlangsung pada 2024,” katanya.

Konsolidasi kebangsaan sambung Johanes Sitohang, dapat diartikan sebagai proses  memperkuat kesatuan dan solidaritas antar masyarakat Indonesia yang memiliki beragam suku, agama, ras, dan budaya.

Sementara itu, Ketua Bidang Penataan dan Distribusi Kader PP Pemuda Katolik, Capt. Marcellus Hakeng Jayawibawa mengatakan, salah satu langkah penting dalam konsolidasi kebangsaan adalah memperkuat pemahaman tentang Pancasila sebagai ideologi negara. Pancasila sebagai ideologi negara yang mengutamakan nilai-nilai persatuan, kemanusiaan, kerakyatan, keadilan, dan keberagaman harus dipahami dan dihayati oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Selain itu, juga diperlukan kesadaran akan pentingnya menjunjung tinggi Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda tetapi tetap satu.

Oleh karena itu, Capt. Marcellus melalui kegiatan Rapimnas I, yang bertema “Strategi dan Tantangan Konsolidasi Kebangsaan Menghadapi Tahun Politik Demi Keberlanjutan Pembangunan Menuju Indonesia Maju”, Pengurus Pusat Pemuda Katolik hendak mengamplifikasikan semangat konsolidasi kebangsaan dalam suatu forum ilmiah.

“Diseminasi semangat dan konsolidasi kebangsaan diharapkan mampu memberikan bekal bagi kader untuk menghadapi tahun politik dengan semangat cinta kasih di tengah kemajemukan sosial,” tegasnya.

Jadi tujuan kegiatan ini menurut Capt. Marcellus adalah, “Pertama, menjadi wadah penguatan kapasitas kader dalam mempersiapkan diri menghadapi tahun politik 2024. Kedua, melakukan aktivasi jaringan melalui kerjasama dengan berbagai stakeholder dalam menunjang kelangsungan kegiatan organisasi Pemuda Katolik. Dan ketiga, membangun sebuah ekosistem kaderisasi yang progresif sebagai paradigma baru pengelolaan organisasi.”

Diharapkan kegiatan Rapimnas I PP Pemuda Katolik adalah peningkatan kapasitas kader dalam menghadapi tahun politik 2024. Lahirnya kader yang siap menjalankan roda organisasi, baik di pusat maupun daerah, pada masa mendatang. *Dodi. P.

Berita Terkait

Bersama Tingkatkan Kemampuan Pekebun Sawit, BPDPKS, Ditjenbun dan LPP Agro Nusantara Gelar Pelatihan Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO)
Lembaga Survey LPSIM Pasangan H Slamet Junaidi Dan Ra Mahfudz Menang Jauh
Purwo Sudaryanto Bacawagub Kalteng yang Merakyat dan Tanpa Jarak
Dapat Dukungan Langsung Dari Masyarakat Desa “H.slamet Junaidi dan Ra Mahfud”
Rawa Bento, Surga Tersembunyi di Kaki Gunung Kerinci
Pencapaian Luar Biasa, Tim Ekspedisi Gunung Kerinci Alpala SMA 68 Akhirnya Tiba Dipuncak Kerinci
Kunjungan Uskup Ordinariat Militer Indonesia di Atambua Perkuat Iman dan Kedaulatan NKRI
Setelah Diberangkatkan TNKS, Puluhan Pendaki Bermalam di Shelter 1 Gunung Kerinci
Berita ini 4 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 22 Juli 2024 - 04:43 WIB

Sidang Ditunda, Mantan Bupati Tanimbar Klaim Penetapan Tersangka Cacat Hukum

Jumat, 19 Juli 2024 - 02:00 WIB

Sidang Praperadilan Mantan Bupati Kepulauan Tanimbar Ditunda

Jumat, 19 Juli 2024 - 01:56 WIB

Kodim 0502/JU Koramil 03 Tanjung Priok Luncurkan Program Urban Farming untuk Mantan Preman

Rabu, 17 Juli 2024 - 23:42 WIB

Gol, Hendry Bangun, Ketum PWI Pusat Dipecat DK PWI, IJW Beri Jempol

Rabu, 17 Juli 2024 - 23:38 WIB

Tanamanku Sayang, Sampahku Buang: Koramil 01/Koja Manfaatkan Lahan Bekas Sampah

Rabu, 17 Juli 2024 - 23:29 WIB

Koramil 06/KG Galakan Urban Farming sebagai Perekat Toleransi di Wilayah Kelapa Gading

Rabu, 17 Juli 2024 - 23:20 WIB

Menuju Era Baru Pemberantasan Korups: Harapan pada Calon Pimpinan KPK Berlatar Belakang Maritim

Rabu, 17 Juli 2024 - 00:39 WIB

Dewan Kehormatan PWI Berhentikan Hendry Ch Bangun dari Keanggotaan

Berita Terbaru

Ust. Prof. Dr. H. Sofyan Sauri., M.Pd. (Guru Besar UPI Bandung).

Bandung

Sangat Berbahaya Berbicara Masalah Agama, Tanpa Ilmu

Minggu, 21 Jul 2024 - 04:20 WIB