Rapimnas I Pemuda Katolik Dihadiri Seluruh Provinsi, Gusma: Kami Solid dan Siap Untuk 2024 dan Indonesia Emas 2045

- Penulis Berita

Sabtu, 20 Mei 2023 - 00:51 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BANDUNGPUBER. COM, PROV, RIAU – Rapat Pimpinan Nasional I Pemuda Katolik Tahun 2023 dihelat di The Zuri Hotel Pekanbaru, Provinsi Riau, dari tanggal 19 – 21 Mei 2023.

Rapimnas ini dihadiri oleh seluruh Pengurus Pusat Pemuda Katolik, utusan Komisariat Daerah yang solid hadir secara keseluruhan, tercatat 32 Komda definitif dan 4 Komda Karateker menghadiri agenda Pemuda Katolik berskala nasional ini.

Rapimnas I Pemuda Katolik kali ini mengusung tema Kader Pemuda Katolik Tangguh Untuk Indonesia Maju, dengan sub tema Strategi dan Tantangan Konsolidasi Kebangsaan di Era Digital Menghadapi Tahun Politik demi Keberlanjutan Pembangunan untuk Indonesia Maju.

Ketua Pengurus Pusat Pemuda Katolik, Stefanus Asat Gusma mengaku bangga dengan Rapimnas I 2023 ini.

Sebab, animo dan partisipasi seluruh kader Pemuda Katolik yang hadir mewakili seluruh Komda definitif sangat tinggi.

Berikut juga kehadiran Komda Karateker, seperti Papua Selatan, Papua Tengah, Papua Barat Daya dan Papua Pegunungan.

“Ini Sejarah. Bahwa soliditas kehadiran kader Pemuda Katolik dalam Rapimnas I ini, semakin memperkokoh rencana konsolidasi Nasional Pemuda Katolik dalam menghadapi tantangan zaman, terutama dalam waktu dekat yakni perhelatan pesta demokrasi di Indonesia,” tegas Dia.

Dihadapan Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Prof. Dr. Muhadjir Effendy dan para tamu undangan yang hadir, Gusma turut memaparkan program-program visioner Pemuda Katolik yang selama ini menjadi program prioritas.

Disamping itu, katanya Gusma melanjutkan Pemuda Katolik telah menetapkan isu besar yang ditetapkan sebagai fokus organisasi Pemuda Katolik.

“Sesuai dengan arahan Kardinal, isu-isu strategis yang mendapat perhatian penuh Pemuda Katolik periode ini, antara lain isu Lingkungan Hidup dengan mendirikan program Bank Sampah Petra, isu stunting yang dikonkritkan dengan Kerjasama kolaboratif dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), serta isu Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang juga diwujudnyatakan dengan membangun kemitraan dengan BP2MI,” kata Gusma merinci.

Kemudian untuk paradigma baru dengan semangat “Reborn and Grow Further”, Pemuda Katolik juga menggenjot kemandirian kader melalui pembangunan unit bisnis di setiap Komda.

Seperti Unit Bisnis yang sudah diresmikan oleh Ketua Umum Pengurus Pusat adalah Koperasi Simpan Pinjam Credit Union Tunas Harapan (KSP CUTH), Unit Bisnis Pemuda Katolik Komda Kepri, yang saat Rapimnas I ini diperjuangkan untuk ditetapkan sebagai unit bisnis Pemuda Katolik bertaraf Nasional.

Diakhir sambutannya, Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Katolik berharap agar momentum Rapimnas I ini dimanfaatkan untuk konsolidasi gagasan, mengevaluasi kinerja serta mengkonstruksi program-program visioner yang akan diimplementasikan di seluruh Komda se Indonesia.

Sementara, Muhadjir mengapresiasi gerakan yang dilakukan Pemuda Katolik sejauh ini.

“Terimakasih sudah turut serta menangani dua masalah super prioritas pemerintah saat ini, stunting dan kemiskinan ekstrem. Adapun kami membawahi tujuh kementerian, diantaranya Kemendikbud Ristek, Kemenag, Kemenpora, Kemendesa ,Kemensos, Kementerian Perempuan, Kementerian Kesehatan dan beberapa lembaga pemerintahan,” ujarnya.

Ke depan, Muhadjir mengatakan Kemenko PMK siap berkolaborasi dengan Pemuda Katolik untuk menuntaskan persoalan ini.

Sebab, menurut pihaknya dua masalah di atas banyak terjadi di wilayah-wilayah umat Katolik, seperti di NTT dan Papua.

“Saya juga mengapresiasi acara pembukaan yang menghibur ini, ada tarian nusantara, deklarasi damai pemuda negarawan lintas agama dan kata sambutan yang variatif. Oleh karena itu, anggapan Pemuda Katolik itu kurus keliru, Pemuda Katolik saat ini sudah gemuk berotot. Oleh karena itu, saatnya bergerak,” tegasnya.

Di akhir sambutannya, Muhadjir mengucapkan selamat mengikuti Rapimnas kepada seluruh peserta Pemuda Katolik dari sabang sampai merauke.

Kemudian, Muhadjir memukul gong tanda dibukanya Rapimnas I Pemuda Katolik di Pekanbaru diikuti pemukulan kompang oleh para tokoh yang hadir: Uskup Keuskupan Padang MGR Vitus Rubianto Solichin, S.X, Gubernur Riau Syamsuar, Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Katolik Stefanus Asat Gusma, Sekretaris Eksekutif Komisi Kerasulan Awam KWI RD Hans, Vikep Riau RD Emilius Sakoikoi,PLT Dirjen Bimas Katolik A.B Adiyarto Sumardjono, para perwakilan ormas keagamaan dan tokoh lainnya. *Dodi,P.

Berita Terkait

Tensi Politik Memanas: Ribuan Massa Kepung Kantor Pemkab Sampang
Johanes Gluba Gebse Kandidat Dengan Elektabilitas Terunggul Sebagai Calon Gubernur Papua
Tim Pemanjat Putri TRAMP Luncurkan Ekspedisi Pemanjatan Tebing Parang TRAMP
Dana Dimakan Marketing BCA Multifinance, Rekening Nasabah di Debit Bayar Cicilan
Hakim MK Guntur Hamzah Kembali Akan Dilaporkan Terkait Dugaan Penyalahgunaan Fasilitas Negara
SIARAN PERS DK PWI PUSAT. Wahai Hendry Ch Bangun Yang Terhormat Tinggalkan Segera Cawe Cawe Itu !!!! Patuhilah Rekomendasi Dewan Kehormatan PWI Pusat
Jelang Pilkada 2024 Dukungan Terus Mengalir Kepada Calon Bupati Sampang H. Slamet Junaidi
Perjalanan Anak Petani dari Kepala Kamar Mesin ke Kursi Bakal Calon Bupati Lembata
Berita ini 8 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 24 Mei 2024 - 13:57 WIB

“Event Cycling De Jabar” Berpotensi Tingkatkan Pendapatan Daerah Dari Sektor Pariwisata Olah Raga Bersepeda

Jumat, 24 Mei 2024 - 13:38 WIB

Masyarakat Dibuat Penasaran Siapa Sosok Bakal Calon Pendamping Aba IDI

Jumat, 24 Mei 2024 - 10:42 WIB

“Forest Walk” Destinasi Wisata Alam di Pusat Kota Bandung Yang Wajib dikunjungi

Kamis, 23 Mei 2024 - 13:51 WIB

Mengapa Kota Bandung Menjadi Magnet Para Wisatawan, Berikut Ulasannya

Kamis, 23 Mei 2024 - 13:25 WIB

Jawa Barat Provinsi Dengan Perokok Terbanyak Ke-3 di Indonesia

Kamis, 23 Mei 2024 - 12:54 WIB

Komisi I DPRD Jabar dan Komisi II Kabupaten Solok Lakukan Konsultasi Terkait Penanganan Konflik Sosial Jelang Pilkada 2024

Rabu, 22 Mei 2024 - 04:02 WIB

Sat Pol PP Kota Bandung Sita 276 Botol Minuman Beralkohol dan 278 Butir Obat Daftar G Tanpa Izin

Rabu, 22 Mei 2024 - 03:49 WIB

Demo Terus Berlangsung DPD BIN Jatim Nilai Pj Bupati Sampang gagal Ciptakan Iklim Sejuk Dimasyarakat

Berita Terbaru