Ratusan Murid SDN CBS 07 Pagi Pawai Sambut Ramadhan dan Peringati Isra Mi’raj

- Penulis Berita

Jumat, 8 Maret 2024 - 13:27 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Dengan membawa berbagai macam atribut hasil kreasi, murid-murid SDN CBS 07 antusias mengikuti pawai yang dipimpin oleh Guru Agama SDN CBS 07. Ft Iriawan.

Dengan membawa berbagai macam atribut hasil kreasi, murid-murid SDN CBS 07 antusias mengikuti pawai yang dipimpin oleh Guru Agama SDN CBS 07. Ft Iriawan.

BANDUNGPUBER. COM, Jakarta – Ramadhan menjadi bulan yang ditunggu-tunggu masyarakat tanah air yang mayoritas berpenduduk muslim. Sebagai generasi penerus bangsa, murid-murid SDN Cipinang Besar Selatan (CBS) 07 Pagi, menjalani literasi pendidikan karakter, yang kali ini dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1445 H/2024 M.

Dengan membawa berbagai macam atribut hasil kreasi, murid-murid SDN CBS 07 antusias mengikuti pawai yang dipimpin oleh Guru Agama SDN CBS 07, Ahmad Syaiful. Jumat pagi yang cukup cerah, alam seakan mendukung kegiatan yang diikuti oleh seluruh guru dan murid, menyusuri Jalan Basuki Rahmat, hingga Kanal Banjir Timur (KBT) yang berada di kelurahan Cipinang Besar Selatan, Jatinegara, Jakarta Timur.

Setelah melakukan pawai, murid-murid istirahat sejenak yang dilanjutkan dengan atraksi dari hasil kegiatan ekstrakulikuler, seperti Hadroh, Pembacaan Doa, serta nasyid yang dilanjutkan dengan Ceramah Agama oleh KH. Abdul Kholiq S.Ag., Al hafidz.

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah Dasar Negeri 07 Pagi, Hj. Sri Masyuni, S. Pd, M.M., menyampaikan bagaimana acara yang digelar ini menjadi salah satu pendidikan karakter yang dilakukan oleh SDN CBS 07.

“Acara ini sebagai bentuk pendidikan pembentukan karakter yang insya Allah dalam ibadah takwa kita, sehingga apa yang kita dapatkan bisa menjadi tambahan iman dan takwa kita,” ujarnya, di hadapan murid-murid beserta orang tua dan guru, Jumat (08/03).

Lebih jauh, dia menyampaikan harapannya, agar murid-murid dapat mengambil pelajaran apa yang disampaikan oleh penceramah kali ini, yang diketahui untuk para murid mendapatkan tugas resume terkait ceramah yang disampaikan penceramah.

“Ibu harapkan kerjasamanya supaya kegiatan kali ini berjalan dengan lancar, hikmat dan apa yang kita tuju tercapai . Insya Allah dengan izin Allah akan dimudahkan,” harapnya.

Sementara itu, dalam ceramahnya KH. Abdul Kholiq, mengingatkan bagaimana Isra dan Mi’raj memiliki pesan yang penting, khususnya dalam ibadah sholat yang diketahui menjadi ibadah utama dalam ajaran agama Islam.

Dia menyampaikan, bagaimana Nabi Muhammad SAW, saat menerima wahyu ini mengalami perjalanan yang luar biasa, seiring KH. Abdul Kholiq manyampaikan Surah Al Isra, Ayat 1.

“Di malam hari Allah memperjalankan Isra (Nabi Muhammad), yang mana pada saat itu menjadi berita terutama para Kafir Qurais sangat ingkar dan tidak percaya. Masa sih dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqso Cuma ditempuh di malam hari dalam waktu sekejab? Kenyataannya dengan teknologi yang canggih sekarang sudah ada pesawat. Ini berawal konteks itu, luar biasa,” terangnya.

Selanjutnya, KH. Abdul Kholiq menyampaikan, Mi’raj merupakan naiknya Nabi Muhammad SAW sampai ke Sidratul Muntaha, yang mana dalam perjalanan ini Nabi Muhammad didampingi oleh Malaikat Jibril AS.

“Saat di langit yang ke enam, Nabi Muhammad menemukan Nabi Musa AS. Saat bertemu dengan Nabi Muhammad, Nabi Musa meminta kepada Nabi Muhammad minta keringanan dalam ibadah sholat, yang akhirnya menjadi lima waktu. Makanya konsekuensinya melihat muslim atau tidak dilihat dari sholatnya,” sampainya.

Terkait dengan ibadah puasa di bulan Ramadhan, Penceramah KH. Abdul Kholiq mengungkapkan, makna dari berpuasa yakni membersihkan diri.

“Setelah selesai 30 hari menjalankan puasa, maka dia terlahir kembali seperti bayi yang baru lahir, tanpa noda, tanpa dosa. Itu hikmah dari puasa dan isra mi’raj. Semoga apa yang disampaikan memberikan manfaat kepada kita semua,” pungkasnya, menutup ceramahnya.

Di acara yang mengusung tema, “Mari Jadikan Tarhib dan Isra Mi’raj sebagai Pembelajaran untuk Menggapai Prestasi” ini, ditutup dengan saling bersalaman antara para murid-murid dengan guru, serta dengan sahabat-sahabat sesama murid SDN CBS 07, dalam rangka saling memaafkan sebelum menjalani ibadah puasa Ramadhan 1445H/2024M. (Irw).

Berita Terkait

Tensi Politik Memanas: Ribuan Massa Kepung Kantor Pemkab Sampang
Johanes Gluba Gebse Kandidat Dengan Elektabilitas Terunggul Sebagai Calon Gubernur Papua
Tim Pemanjat Putri TRAMP Luncurkan Ekspedisi Pemanjatan Tebing Parang TRAMP
Dana Dimakan Marketing BCA Multifinance, Rekening Nasabah di Debit Bayar Cicilan
Hakim MK Guntur Hamzah Kembali Akan Dilaporkan Terkait Dugaan Penyalahgunaan Fasilitas Negara
SIARAN PERS DK PWI PUSAT. Wahai Hendry Ch Bangun Yang Terhormat Tinggalkan Segera Cawe Cawe Itu !!!! Patuhilah Rekomendasi Dewan Kehormatan PWI Pusat
Jelang Pilkada 2024 Dukungan Terus Mengalir Kepada Calon Bupati Sampang H. Slamet Junaidi
Perjalanan Anak Petani dari Kepala Kamar Mesin ke Kursi Bakal Calon Bupati Lembata
Berita ini 5 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 25 Mei 2024 - 14:58 WIB

Kawasan Wisata Yang Satu Ini Mirip Seperti di Soul Korea Selatan

Jumat, 24 Mei 2024 - 13:57 WIB

“Event Cycling De Jabar” Berpotensi Tingkatkan Pendapatan Daerah Dari Sektor Pariwisata Olah Raga Bersepeda

Jumat, 24 Mei 2024 - 10:42 WIB

“Forest Walk” Destinasi Wisata Alam di Pusat Kota Bandung Yang Wajib dikunjungi

Kamis, 23 Mei 2024 - 13:25 WIB

Jawa Barat Provinsi Dengan Perokok Terbanyak Ke-3 di Indonesia

Kamis, 23 Mei 2024 - 13:04 WIB

DPRD Jabar Lakukan Penandatanganan Record of Discussion atau RoD dengan DPRD Provinsi Chungcheongnam-do Korea Selatan

Kamis, 23 Mei 2024 - 12:54 WIB

Komisi I DPRD Jabar dan Komisi II Kabupaten Solok Lakukan Konsultasi Terkait Penanganan Konflik Sosial Jelang Pilkada 2024

Rabu, 22 Mei 2024 - 04:02 WIB

Sat Pol PP Kota Bandung Sita 276 Botol Minuman Beralkohol dan 278 Butir Obat Daftar G Tanpa Izin

Selasa, 21 Mei 2024 - 13:01 WIB

KPK RI Apresiasi Pemkot Bandung dan Menjadikan Bandung Sebagai Contoh dalam Menanamkan Nilai- Nilai Integritas di Indonesia

Berita Terbaru