Sambut Pemilu 2024, Ruang Anak Muda Launching Gabung Indonesia

- Penulis Berita

Selasa, 11 Juli 2023 - 02:51 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BANDUNGPUBER.COM, Jakarta- Dalam rangka merawat persatuan bangsa atas konstelasi politik 2024 serta untuk memaksimalkan pembangunan bonus demografi yang diwakili oleh Generasi Milenial dan Gen Z, Ruang Anak Muda launching Gerakan Bersama Membangun Indonesia (Gabung Indonesia).

Direktur Eksekutif Ruang Anak Muda, Dr Robert E. Sudarwan menjelaskan, Gabung Indonesia berinisiatif mendorong anak muda untuk bersikap aktif dan konstruktif dalam menghadapi Pemilu 2024. Mengingat pemilu sebelumnya menyebabkan keterbelahan bangsa diluar batas kewajaran hingga mengancam keutuhan bangsa.

“Perlu saya tegaskan, Gabung Indonesia ini merupakan gerakan anak muda dalam koridor politik kebangsaan, national interest, bukan politik partisan. Ini semata untuk merawat persatuan bangsa yang mana Milenial dan Gen Z memiliki kepentingan besar di dalamnya agar bonus demografi Indonesia dapat tumbuh maksimal secara positif. Karena pada Pemilu 2019 lalu, itu terjadi polarisasi yang begitu runcing diluar kewajaran, hal itu tentu kontraproduktif,” kata Robert, Senin (10/7) di Cilandak Town Square, Jakarta Selatan.

Lebih lanjut Robert memaparkan, untuk pemilu 2024 Gen Z dan Milenial memiliki peranan besar dalam menentukan arah kepemimpinan nasional, mengingat Milenial dan Gen Z akan menyumbang 56,45% suara sebagaimana yang telah dicatat oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Karenanya, tegas Robert, penting adanya suatu gerakan pencerdasan politik bagi generasi muda untuk menatap pemilu sebagai ajang kontestasi yang dimaknai untuk kemajuan demokrasi Indonesia yang tentu tetap menjaga persatuan dan keutuhan bangsa.

“Kita tidak ingin anak muda dieksploitasi hanya dipandang sebatas ceruk suara dengan berbagai provokasi melalui sedemikian isu yang mengancam keutuhan bangsa. Karenanya, penting pencerdasan politik pada kalangan Milenial dan Gen Z untuk bersikap aktif dan memaknai pemilu sebagai ajang kontestasi untuk kemajuan demokrasi Indonesia tanpa menciderai persatuan dan keutuhan banga,” tutur Robert.

Selanjutnya Gabung Indonesia akan melakukan pembekalan dan penguatan kapasitas anak muda melalui kegiatan Activator Camp yang nantinya diharapkan para anak muda menjadi aktivator dan dapat melakukan penyuluhan atau pendidikan politik pada masyarakat, terutama pada generasi muda lainnya.

Tak kalah penting, Robert mengundang dukungan semua pihak yang memiliki kesadaran mendalam atas national interest dengan mendorong milenial dan generasi Z untuk menjadikan kepentingan bangsa sebagai jati dirinya dalam pembangunan di semua aspek. Robert yakin, dengan partisipasi anak bangsa baik dari dalam negeri maupun yang berada di luar negeri, melalui Gabung Indonesia akan semakin memperkuat rantai diaspora Indonesia.

“Selanjutnya kita akan melakukan Activator Camp untuk penguatan kapasitas para anak muda yang akan melakukan edukasi politik di tengah masyarakat. Nantinya para aktivator ini dapat terjun langsung melakukan penyuluhan politik ke lapisan sosial masyarakat maupun melalui digital, karena Milenial dan Gen Z ini memang akrab dengan dunia digital. Tentu kami mengundang partisipasi dan dukungan dari semua kalangan untuk gerakan national interest ini,” tutup Robert. (Dodi. P).

*Benz

Berita Terkait

Syahid Ibrahim Sampaikan Apresiasi Tinggi Atas Kesuksesan Helmy Yahya Berikan Motivasi Untuk PT KPI Unit Dumai
Ada Campur Tangan Oknum Petugas, Proyek Rumah Kos Berujung Pelaporan
Indonesia Akan Selenggarakan Halal Expo di Brunai
Tensi Politik Memanas: Ribuan Massa Kepung Kantor Pemkab Sampang
Johanes Gluba Gebse Kandidat Dengan Elektabilitas Terunggul Sebagai Calon Gubernur Papua
Tim Pemanjat Putri TRAMP Luncurkan Ekspedisi Pemanjatan Tebing Parang TRAMP
Dana Dimakan Marketing BCA Multifinance, Rekening Nasabah di Debit Bayar Cicilan
Hakim MK Guntur Hamzah Kembali Akan Dilaporkan Terkait Dugaan Penyalahgunaan Fasilitas Negara
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 22 Juni 2024 - 23:24 WIB

Rekam Jejak Mayjen TNI (Purn) Purwo Sudaryanto di Kalimantan Tengah

Jumat, 21 Juni 2024 - 06:53 WIB

Kegiatan TRAMP untuk Susur Sungai Ciliwung dan Penghijauan Bantaran

Jumat, 21 Juni 2024 - 01:33 WIB

Harapan Besar Rakyat Sampang Pada Sosok Aba Idi Sebagai Bupati Sampang

Kamis, 20 Juni 2024 - 05:51 WIB

Dengan Digitalisasi, Proses Kurban di Masjid Al Marjan Jadi Lebih Mudah

Rabu, 19 Juni 2024 - 01:36 WIB

Guna Memastikan Kebersihan Sungai, Sekda Herman Pantau Kondisi Sungai Citarum di Batujajar

Selasa, 18 Juni 2024 - 10:32 WIB

Aktivis Muda Putra Daerah Sampang Yayan , Tanggapi Voice Note Yang Viral

Sabtu, 15 Juni 2024 - 10:41 WIB

PAUDQu Kharisma, Berawal dari Kepedulian

Kamis, 13 Juni 2024 - 14:42 WIB

Sambut Kenaikan Kelas, Puluhan Siswa- Siswa PAUD KB Melati 2 Kalapanunggal Gelar Pentas Seni

Berita Terbaru