Semangat Juang untuk Maju Josef Blasius Bapa Patut Jadi Teladan Generasi Muda

- Penulis Berita

Rabu, 27 Desember 2023 - 13:06 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Foto DR. Marcellus Hakeng Jayawibawa Tokoh Muda NTT  masyarakat Maumere Nusa Tenggara Timur (NTT) yang juga pendiri Keluarga Besar Maumere Jakarta Raya, bersama Josef Blasius Bapa meninggal dunia di Jakarta, pada 24 Desember 2023. Ft dok, Dodi.

Foto DR. Marcellus Hakeng Jayawibawa Tokoh Muda NTT masyarakat Maumere Nusa Tenggara Timur (NTT) yang juga pendiri Keluarga Besar Maumere Jakarta Raya, bersama Josef Blasius Bapa meninggal dunia di Jakarta, pada 24 Desember 2023. Ft dok, Dodi.

BANDUNGPUBER. COM, Jakarta – Tokoh masyarakat Maumere Nusa Tenggara Timur (NTT) yang juga pendiri Keluarga Besar Maumere Jakarta Raya, Josef Blasius Bapa meninggal dunia di Jakarta, pada 24 Desember 2023.

“Kepergian Almarhum Bapak Josef Blasius Bapa tak hanya membuat kehilangan bagi masyarakat Maumere, tapi juga seluruh Masyarakat NTT dan masyarakat Indonesia,” kata DR. Marcellus Hakeng Jayawibawa Tokoh Muda NTT dalam keterangan persnya Rabu (27)12).

Kiprah Alm. Josef Blasius Bapa patut menjadi panutan untuk generasi Muda saat ini. “Sejak usia Muda beliau begitu aktif bekerja untuk dapat membiayai pendidikan. Dimana tahun 1957 sambil menyelesaikan pendidikan SMA, bekerja part-time sebagai Korektor di Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat. Tahun 1958 memberikan bimbingan dan privat les bahasa Indonesia kepada para pegawai perusahaan dan kedutaan di Sekolah Penerbangan Curug Tangerang dan Staf Kedutaan Besar Amerika, Inggris,India, BuRMAdan perusahaan telekomunikasi Amerika Philcos (Philadelphia Company). Semangat kerja itu harus dicontoh oleh generasi saat ini,” ungkap Marcellus yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Penataan & Distribusi Kader Pengurus Pusat Pemuda Katolik.

Ditambahkan Marcellus, “Almarhum Josef Blasius Bapa juga berani menyatakan kebenaran. Beliau selalu menyuarakan kebenaran melalui tulisan-tulisan positif di media massa untuk Indonesia, dimasa Indonesia sedang diguncang prahara Pemberontakan G.30 S PKI.
Selain itu juga, Almarhum Josef Blasius Bapa ingin menunjukkan bahwa Pemuda dari daerah juga berhak untuk maju dan berpendidikan tinggi, sehingga dapat ikut memajukan daerahnya.”

Marcellus juga menyatakan bahwa “Perjuangan beliau yang ingin tetap menjalin hubungan dan menyatukan masyarakat Maumere di Jakarta, maka pada tahun 1976, Almarhum Josef Blasius Bapa membentuk Keluarga Besar Maumere Jakarta Raya. Sebuah organisasi kekeluargaan dengan anggota kurang lebih 10 ribu orang dan 3 ribu KK asal Sikka.”

Pemikiran dan tingkah laku Almarhum Josef Blasius Bapa di kancah politik juga dikenal santun. Sehingga tidak mengherankan pada Tahun 1992-1997 menjadi Anggota MPR RI (Majelis Permusyawaratan Rakyat) Utusan golongan.

Bahkan Almarhum Josef Blasius Bapa melalui Keluarga Besar Maumere Jakarta Raya (KBM Jaya) yang diketuainya, mendorong pemerintah untuj memberikan gelar pahlawan nasional kepada Frans Seda. Tokoh yang dilahirkan di Maumere di Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), meninggal di Jakarta pada 31 Desember 2009. Frans Seda merupakan politikus, pengusaha, tokoh gereja, dan menteri pada 1963-1973.

“Beliaulah melalui KBM Jaya yang mendorong kepada Pemerintah Indonesia agar memberikan gelar Pahlawan Nasional kepada Frans Seda. Keinginan beliau akan kami lanjutkan dan perjuangkan. Selamat jalan Opa Josef Blasius Bapa, Selamat jalan Senior dan Panutan Kami,” pungkas Marcellus. (Dodi).

Berita Terkait

Syahid Ibrahim Sampaikan Apresiasi Tinggi Atas Kesuksesan Helmy Yahya Berikan Motivasi Untuk PT KPI Unit Dumai
Ada Campur Tangan Oknum Petugas, Proyek Rumah Kos Berujung Pelaporan
Indonesia Akan Selenggarakan Halal Expo di Brunai
Tensi Politik Memanas: Ribuan Massa Kepung Kantor Pemkab Sampang
Johanes Gluba Gebse Kandidat Dengan Elektabilitas Terunggul Sebagai Calon Gubernur Papua
Tim Pemanjat Putri TRAMP Luncurkan Ekspedisi Pemanjatan Tebing Parang TRAMP
Dana Dimakan Marketing BCA Multifinance, Rekening Nasabah di Debit Bayar Cicilan
Hakim MK Guntur Hamzah Kembali Akan Dilaporkan Terkait Dugaan Penyalahgunaan Fasilitas Negara
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 22 Juni 2024 - 23:24 WIB

Rekam Jejak Mayjen TNI (Purn) Purwo Sudaryanto di Kalimantan Tengah

Jumat, 21 Juni 2024 - 06:53 WIB

Kegiatan TRAMP untuk Susur Sungai Ciliwung dan Penghijauan Bantaran

Jumat, 21 Juni 2024 - 01:33 WIB

Harapan Besar Rakyat Sampang Pada Sosok Aba Idi Sebagai Bupati Sampang

Kamis, 20 Juni 2024 - 05:51 WIB

Dengan Digitalisasi, Proses Kurban di Masjid Al Marjan Jadi Lebih Mudah

Rabu, 19 Juni 2024 - 01:36 WIB

Guna Memastikan Kebersihan Sungai, Sekda Herman Pantau Kondisi Sungai Citarum di Batujajar

Selasa, 18 Juni 2024 - 10:32 WIB

Aktivis Muda Putra Daerah Sampang Yayan , Tanggapi Voice Note Yang Viral

Sabtu, 15 Juni 2024 - 10:41 WIB

PAUDQu Kharisma, Berawal dari Kepedulian

Kamis, 13 Juni 2024 - 14:42 WIB

Sambut Kenaikan Kelas, Puluhan Siswa- Siswa PAUD KB Melati 2 Kalapanunggal Gelar Pentas Seni

Berita Terbaru