Seminar Hasil Kuliah Kerja Luar Negeri (KKLN) Fakultas Manajemen Pertahanan (FMP), Universitas Pertahanan Republik Indonesia

- Penulis Berita

Kamis, 20 Juli 2023 - 13:32 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BANDUNGPUBER.COM, JAKARTA – Dekan Fakultas Manajemen Pertahanan (FMP) Unhan RI, Mayjen TNI Agus Winarna, S.I.P., M.Si., M.Tr (Han)., secara resmi membuka Seminar Hasil Kuliah Kerja Luar Negeri (KKLN) Fakultas Manajemen Pertahanan (FMP) Unhan RI dengan tema “National Resources for Defense Management in the Face of Imminent Threats in the Modern Warfare of 21st Century” yang berlangsung secara hybrid, Kamis (20/7).

Dari Ruang Rapat Rektorat Salemba Kampus Pascasarjana Unhan RI di Salemba, Jakarta, Dekan Fakultas Manajemen Pertahanan (FMP) Unhan RI, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan KKLN sebelumnya. Mahasiswa telah melakukan penelitian selama satu bulan dan akan disampaikan dihadapan para penanggap.

“Diharapkan Mahasiswa dapat menemukan wawasan, ilmu dan pelajaran baru dari Jepang yang bisa mendukung pemerintah Indonesia, khususnya bidang Manajemen, Ekonomi, Energi dan Sumber Daya Pertahanan negara di Jepang sebagai masukan dan sarana pembangunan bagi berbagai stakeholder untuk meningkatkan pemanfaatan potensi Sumber Daya Nasional, khususnya mendukung pertahanan negara,” kata Mayjen TNI Agus Winarna, S.I.P., M.Si., M.Tr (Han).

Sebagai pemapar materi pertama adalah salah satu mahasiswa berasal dari program Studi Ketahanan Energi, Savira Kamarani yang memaparkan tentang “Energy Management Of Copper Mineral Processing For National Energy Security” yang kemudian langsung di tanggapi oleh Mr. GDE Pandhe Wisnu Suyantara, S.T., M.T., PH.D. selaku Departemen Teknik Sumber Daya Bumi Universitas Kyushu Di Jepang yang kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Dalam pemaparan kedua disampaikan oleh salah satu mahasiswa berasal dari program Studi Ekonomi Pertahanan, Melinda Octaviani, dengan membawa materi berjudul “Harnessing the Power of Cyber-Economy: Safeguarding Against Modern Warfare Threats in the 21st Century” yang kemudian langsung di tanggapi oleh Prof. Josaphat Tetuko Sri Sumantyo, Ph.D dari Chiba University in Japan, dilanjutkan sesi tanya jawab.

Pemaparan ketiga disampaikan mahasiswa dari program Studi Manajemen Pertahanan, Alwan Mubarok dengan materi tentang “Impact Of Technology, Military, And Socio-Economic Welfare On Conflict In Indonesia And Japan” yang kemudian langsung di tanggapi oleh Mr Haris Rahadianto, B.Inf.Tech., M.Inf., Ph.D. selaku rekan Peneliti Indonesia di Lembaga Penelitian Pencegahan Bencana (DPRI) Universitas Kyoto di Jepang.

Seminar ini diikuti 117 orang via zoom, termasuk 70 mahasiswa Pascasarjana Fakultas Manajemen Pertahanan, 47 dosen pendamping, Kaprodi, Staf Prodi dari FMP UNHAN RI, dan yang bertindak sebagai moderator adalah Dr. Ir. Novky A., S.T., M.Si (Han)., IPU, selaku Dosen Tetap Unhan RI, Fakultas Manajemen Pertahanan, Prodi Ekonomi Pertahanan.

Pada kesempatan penutupan Seminar Hasil Kuliah Kerja Luar Negeri, Dekan FMP Unhan RI menegaskan tentang pentingnya praktik pengelolaan limbah yang bertanggung jawab dalam industri nasional untuk mengatasi polusi dan kerusakan lingkungan melalui kolaborasi lintas sektor dengan menerapkan regulasi dan kebijakan berkelanjutan.

“Tantangan dan Peluang di Bidang Siber, menyajikan tantangan dan peluang dalam peperangan modern dimana adopsi teknologi-teknologi baru dapat meningkatkan pertahanan siber dan memberi keunggulan kompetitif, sehingga Kerja sama internasional menjadi kunci dalam menghadapi ancaman siber,” kata Mayjen TNI Agus Winarna, S.I.P., M.Si., M.Tr (Han).

Ditambahkannya, peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia dapat dicapai dengan fokus pada investasi di bidang pendidikan, kesehatan, pengurangan kemiskinan, dan pembangunan infrastruktur untuk menciptakan masyarakat yang lebih adil dan sejahtera.

Dekan FMP Unhan RI berharap pengetahuan yang diperoleh dari kegiatan KKLN ini dapat diperluas guna mengejar keunggulan dibidang manajemen pertahanan dan mendorong inovasi, serta bekerja kolaboratif untuk mengatasi tantangan di masa depan.

Kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan sertifikat penghargaan oleh Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FMP Unhan RI,  Brigjen TNI Suwarno, S.A.P., M.Han., kepada Mr. GDE Pandhe Wisnu Suyantara, S.T., M.T., PH.D., Prof. Josaphat Tetuko Sri Sumantyo, Ph.D., dan Mr Haris Rahadianto, B.Inf.Tech., M.Inf., Ph.D., serta dilanjutkan dengan foto bersama. (The A Team).

*Benz

Berita Terkait

Tensi Politik Memanas: Ribuan Massa Kepung Kantor Pemkab Sampang
Johanes Gluba Gebse Kandidat Dengan Elektabilitas Terunggul Sebagai Calon Gubernur Papua
Tim Pemanjat Putri TRAMP Luncurkan Ekspedisi Pemanjatan Tebing Parang TRAMP
Dana Dimakan Marketing BCA Multifinance, Rekening Nasabah di Debit Bayar Cicilan
Hakim MK Guntur Hamzah Kembali Akan Dilaporkan Terkait Dugaan Penyalahgunaan Fasilitas Negara
SIARAN PERS DK PWI PUSAT. Wahai Hendry Ch Bangun Yang Terhormat Tinggalkan Segera Cawe Cawe Itu !!!! Patuhilah Rekomendasi Dewan Kehormatan PWI Pusat
Jelang Pilkada 2024 Dukungan Terus Mengalir Kepada Calon Bupati Sampang H. Slamet Junaidi
Perjalanan Anak Petani dari Kepala Kamar Mesin ke Kursi Bakal Calon Bupati Lembata
Berita ini 1 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 24 Mei 2024 - 13:57 WIB

“Event Cycling De Jabar” Berpotensi Tingkatkan Pendapatan Daerah Dari Sektor Pariwisata Olah Raga Bersepeda

Jumat, 24 Mei 2024 - 13:38 WIB

Masyarakat Dibuat Penasaran Siapa Sosok Bakal Calon Pendamping Aba IDI

Jumat, 24 Mei 2024 - 10:42 WIB

“Forest Walk” Destinasi Wisata Alam di Pusat Kota Bandung Yang Wajib dikunjungi

Kamis, 23 Mei 2024 - 13:51 WIB

Mengapa Kota Bandung Menjadi Magnet Para Wisatawan, Berikut Ulasannya

Kamis, 23 Mei 2024 - 13:25 WIB

Jawa Barat Provinsi Dengan Perokok Terbanyak Ke-3 di Indonesia

Kamis, 23 Mei 2024 - 12:54 WIB

Komisi I DPRD Jabar dan Komisi II Kabupaten Solok Lakukan Konsultasi Terkait Penanganan Konflik Sosial Jelang Pilkada 2024

Rabu, 22 Mei 2024 - 04:02 WIB

Sat Pol PP Kota Bandung Sita 276 Botol Minuman Beralkohol dan 278 Butir Obat Daftar G Tanpa Izin

Rabu, 22 Mei 2024 - 03:49 WIB

Demo Terus Berlangsung DPD BIN Jatim Nilai Pj Bupati Sampang gagal Ciptakan Iklim Sejuk Dimasyarakat

Berita Terbaru