Sepak Terjang Brigjen Pol Aan Suhanan yang Kini Menjabat Sebagai Kakorlantas Polri

- Penulis Berita

Jumat, 15 Desember 2023 - 14:35 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Usai Pelantikan Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Brigjen Pol Aan Suhanan di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (14/12/2023). (Eky).

Usai Pelantikan Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Brigjen Pol Aan Suhanan di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (14/12/2023). (Eky).

BANDUNGPUBER.COM, Jakarta – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin pelantikan Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Brigjen Pol Aan Suhanan di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (14/12/2023).

Aan dilantik berdasarkan Surat Karobinkar SSDM Polri Nomor: B/ND-500/XII/KEP./2023/Robinkar tanggal 12 Desember 2023 hal pelaksanaan serah terima jabatan pejabat utama Mabes Polri dan para Kapolda serta pelantikan Kakorlantas Polri.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan serah terima jabatan sejumlah pejabat utama Mabes Polri dan para Kapolda di antaranya Kapolda NTT, Kapolda Papua Barat, Kapolda Sulsel, Kapolda Kalsel, Kapolda Kepri, KADENSUS 88/AT POLRI dan KAYANMA POLRI.

Inilah sepak terjang Brigjen Pol Aan Suhanan Kakorlantas Polri yang menggantikan Irjen Pol Firman Shantybudi yang telah memasuki masa pensiun .

Sebelum menjadi Kakorlantas Polri, Brigjen Aan Suhanan mengemban tugas sebagai Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri.

Pria kelahiran Kuningan, Jawa Barat pada 31 Januari 1967 ini merupakan alumni Akademik Kepolisian (AKPOL) 1988 B. Kemudian melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) pada 1997.

Aan menyelesaikan pendidikan di Sekolah Staf dan Pimpinan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Sespim) Polri pada 2002 dan lulus dari Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhamnas) pada 2014.

Sejumlah jabatan penting di Korps Bhayangkara pernah diembannya.

Memulai karir di kepolisian pada tahun 1989 Perwira Pertama (Pama) Polresta Surakarta. Aan pun diberi kepercayaan menjabat sebagai Kapolsek Sukaraja Res Banyumas pada 1991.

Karirnya sebagai aparatur negara terus mengalami peningkatan dan menempati jabatan strategis seperti Kapolres Pekalongan 2007, Kapolres Sukoharjo pada 2008, Wakapolres Metro Jakarta Barat pada 2009, Dirsabhara Polda Kalteng pada 2011, Kabagren Waketbidminwa STIK Lemdiklat Polri 2013, Analis Kebijakan Madya Bidang STIK Lemdikpol 2014, 2015 Dirpamobvit Polda Metro Jaya, 2016 dirinya diangkat menjadi Irbid Itwil I Itwasum Polri ditahun yang sama Aan dipercaya menjabat posisi Wakapolda Banten, Dan pada 2017 dia menduduki posoisi Kasubdit STNK Diregident Korlantas Polri .

Semasa Aan menempati jabatan sebagai Kasubdit STNK Ditregident Korlantas Polri, ia pernah meraih pin emas dalam perayaan Hari Lalu Lintas ke-64 pada tahun 2019 terkait prestasinya sebagai tim kelompok kerja (pokja) yang berhasil merumuskan sekaligus menerapkan layanan inovasi bernama Samsat Online Nasional yang tergelar di seluruh Indonesia.

Selanjutnya, 2020 Aan menduduki jabatan Kabagprogar Rojianstra SOPS Polri dan Dirsamapta Korshabara Baharkam Polri, kemudian pada tahun 2021 ia menjabat sebagai Dirgakkum Korlantas Polri.

Saat mengemban tugas menjadi Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri sejak Tahun 2021, Aan berhasil membantu dalam mensukseskan kegiatan nasional maupun internasional diantaranya,
pengembangan dan penguatan ETLE untuk memberikan kepastian hukum dan melindungi masyarakat dari ancaman kecelakaan.

Aan terus berinovasi membangun dan mengembangkan penegakan hukum berbasis IT, ETLE menyeluruh ke Polda di Indonesia sesuai arahan Kapolri.

KTT ASEAN Summit di Labuan Bajo dan KTT AIS di Bali Tahun 2023 ia dipercaya menjadi Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) Pengamanan dan Pengawalan Rute Lalu Lintas dan Parkir (Pamwalrolakir).

Pada operasi ketupat 2023 Brigjen Pol Aan Suhanan ditugaskan menjadi Kasatgas keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalulintas (kamseltibcarlantas). Ia melakukan peninjauan kamseltibcarlantas arus mudik dan pada saat arus balik Idul Fitri 2023 Aan berpatroli menggunakan motor patroli jalan raya (PJR) menyusuri ruas arteri Cirebon, lanjut situasi oneway di ruas Tol Cipali Palimanan dan kondisi arus di ruas tol Cisumdawu hingga Cileunyi.

Ia juga melakukan pemantauan di pusat K3I Ops Ketupat 2023 Command Center PJR Km 29 dan meninjau secara langsung baik di jalur arteri maupun jalur tol, salah satunya di Km 47 Jakarta-Cikampek guna memastikan rekayasa lalu lintas contraflow dan mengurangi kepadatan lalu lintas saat musim arus mudik dan balik lebaran.

Pada tahun 2021 dan 2022 Aan dipercaya menjadi Kasatgas 3 Operasi Lilin untuk memastikan keamanan dan kelancaran lalu lintas Natal dan Tahun Baru.

Di sela-sela kesibukan, Aan juga masih menyempatkan diri untuk menekuni hobinya yakni bersepeda. (Eky).

Berita Terkait

Bersama Tingkatkan Kemampuan Pekebun Sawit, BPDPKS, Ditjenbun dan LPP Agro Nusantara Gelar Pelatihan Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO)
Lembaga Survey LPSIM Pasangan H Slamet Junaidi Dan Ra Mahfudz Menang Jauh
Purwo Sudaryanto Bacawagub Kalteng yang Merakyat dan Tanpa Jarak
Dapat Dukungan Langsung Dari Masyarakat Desa “H.slamet Junaidi dan Ra Mahfud”
Rawa Bento, Surga Tersembunyi di Kaki Gunung Kerinci
Pencapaian Luar Biasa, Tim Ekspedisi Gunung Kerinci Alpala SMA 68 Akhirnya Tiba Dipuncak Kerinci
Kunjungan Uskup Ordinariat Militer Indonesia di Atambua Perkuat Iman dan Kedaulatan NKRI
Setelah Diberangkatkan TNKS, Puluhan Pendaki Bermalam di Shelter 1 Gunung Kerinci
Berita ini 2 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 22 Juli 2024 - 04:43 WIB

Sidang Ditunda, Mantan Bupati Tanimbar Klaim Penetapan Tersangka Cacat Hukum

Jumat, 19 Juli 2024 - 02:00 WIB

Sidang Praperadilan Mantan Bupati Kepulauan Tanimbar Ditunda

Jumat, 19 Juli 2024 - 01:56 WIB

Kodim 0502/JU Koramil 03 Tanjung Priok Luncurkan Program Urban Farming untuk Mantan Preman

Rabu, 17 Juli 2024 - 23:42 WIB

Gol, Hendry Bangun, Ketum PWI Pusat Dipecat DK PWI, IJW Beri Jempol

Rabu, 17 Juli 2024 - 23:38 WIB

Tanamanku Sayang, Sampahku Buang: Koramil 01/Koja Manfaatkan Lahan Bekas Sampah

Rabu, 17 Juli 2024 - 23:29 WIB

Koramil 06/KG Galakan Urban Farming sebagai Perekat Toleransi di Wilayah Kelapa Gading

Rabu, 17 Juli 2024 - 23:20 WIB

Menuju Era Baru Pemberantasan Korups: Harapan pada Calon Pimpinan KPK Berlatar Belakang Maritim

Rabu, 17 Juli 2024 - 00:39 WIB

Dewan Kehormatan PWI Berhentikan Hendry Ch Bangun dari Keanggotaan

Berita Terbaru

Ust. Prof. Dr. H. Sofyan Sauri., M.Pd. (Guru Besar UPI Bandung).

Bandung

Sangat Berbahaya Berbicara Masalah Agama, Tanpa Ilmu

Minggu, 21 Jul 2024 - 04:20 WIB